Momen Nyepi bagi Umat Hindu untuk Sucikan Diri dan Buka Lembaran Baru.
Sumber :
  • tvOne - edy cahyono

Momen Nyepi bagi Umat Hindu untuk Sucikan Diri dan Buka Lembaran Baru

Selasa, 21 Maret 2023 - 17:07 WIB

Batu, tvOnenews.com - Nyepi merupakan hari raya bagi umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Saka. Salah satu tempat di Indonesia yang paling identik dengan perayaan Nyepi adalah Bali. Namun kali ini perayaan Nyepi sudah menyebar di seluruh pelosok Nusantara, perayaan Nyepi dianggap sebagai momen terbaik untuk melihat sisi lain.

Bahkan selama Hari Nyepi, masyarakat pun tidak diperkenankan untuk menyalakan cahaya dan api.

Seperti diketahui umat Hindu di Kota Batu mereka juga bakal merayakan Nyepi, sebanyak 300 umat Hindu di Kota Batu pada, Rabu (22/3) akan melakukan penyepian di Pura Giri Arjuno Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Sebelum melakukan upacara Nyepi, umat Hindu di haruskan melakukan upacara Melasti. Ritual pertama yang mengawali perayaan Nyepi telah di lalui umat Hindu di Kota Batu.

Ketua Perhimpunan Hindu Darma Indonesia Kota Batu, Pariyanto menjelaskan, upacara Melasti itu bertujuan untuk menyucikan diri sebelum melaksanakan Nyepi. Biasanya ritual Melasti dilakukan di pura yang berada di dekat laut.

Setelah melakukan upacara Melasti para umat Hindu yang akan melakukan penyepian juga harus ikut dalam ritual Tawur Kesanga.

"Tawur Kesanga dilakukan setelah melasti dilanjutkan yaitu dengan Tawur Kesanga atau Mecaru. Tradisi ini biasanya dilaksanakan H-1 sebelum perayaan Nyepi," jelas Pariyanto, Selasa (21/3).

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral