Patroli polisi antisipasi balap liar dan tawuran di JLS Lumajang.
Sumber :
  • tvOne - wawan sugiarto

Antisipasi Balapan Liar dan Tawuran Selama Bulan Ramadhan, Ini yang Dilakukan Polisi

Kamis, 23 Maret 2023 - 09:57 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Aksi tawuran dan balapan liar kerap sekali bermunculan saat bulan Ramadhan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihak kepolisian jajaran Polres Lumajang, akan meningkatkan pengawasan terkait balap liar dan tawuran, seperti yang di lakukan Polsek Pasirian, Kamis (23/3).

Menurut Kapolsek Pasirian, Akp Agus Sugiharto, selain seputaran taman Alun-alun Pasirian, wilayah Jalur Lintas Selatan (JLS), merupakan tempat favorit yang kerap dijadikan lokasi balapan liar yang terkadang berujung tawuran. Untuk itu, pihaknya akan menambah lagi jam patroli guna mengantisipasinya.

“Menindakklanjuti perintah pimpinan terkait cipta kondisi selama bulan Ramadhan, cara kerja akan dirubah, dimana biasanya kita mengantisipasi adanya balap liar, tawuran. Pada saat bulan suci Ramadhan akan kita tambah lagi waktunya," kata Agus.

Agus mengatakan, kegiatan pengawasan seperti patroli akan dilakukan pada malam hari, menjelang sahur, setelah sahur, dan setelah shalat Subuh.

"Karena ada kegiatan asmara subuh, itu merupakan jam rawan terjadinya balap liar dan tawuran, terutama di kawasan JLS, mulai perbatasan Pasirian – Jarit, Bagu, Selok Awar-awar hingga Jembatan Selowangi. Kita juga lakukan koordinasi dengan Polsek tetangga mengingat ruas jalur JLS ini cukup panjang," imbuhnya.

Agus akan menambah waktu jam kerja dari personel untuk mengantisipasi terjadinya tawuran dan balap liar guna melakukan pengawasan dan patroli pada sejumlah titik rawan, baik saat ngabuburit maupun setelah sholat subuh. Oleh karena itu, para orang tua diminta untuk mengawasi anak-anaknya, terutama setelah sahur.

"Bulan suci Ramadhan merupakan waktunya masyarakat banyak beribadah, jadi manfaatkanlah waktunya untuk hal-hal yang positif. Untuk para orang tua, kita himbau agar selalu mengawasi anak-anaknya. Jangan sampai anak-anak berkeliaran setelah Subuh, karena bisa terlibat aksi tawuran dan balap liar," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:18
09:09
06:21
05:05
03:27
01:36
Viral