Waspada! BMKG Juanda Mengeluarkan Peringatan Dini Hujan Deras Angin Kencang Wilayah Jawa Timur.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

Waspada! BMKG Juanda Mengeluarkan Peringatan Dini Hujan Deras Angin Kencang Wilayah Jawa Timur

Kamis, 23 Maret 2023 - 11:31 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Masuki massa transisi atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini untuk meningkatkan kuwaspadaan cuaca buruk angin kencang dan hujan deras disertai petir untuk beberapa hari kedepan wilayah Jawa Timur.

Ini disampaikan oleh Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda Taufiq Hermawan, menurutnya beberapa wilayah Jawa Timur sudah mulai masuk massa transisi atau peralihan dari musim hujan ke musim kemarau dimana pada musim peralihan ini beberapa wilayah bisa terjadi cuaca extrim berupa angin kencang puting beliung dan hujan lebat berpotensi pada pagi, siang hingga malam hari.

Taufiq menambahkan, untuk suhu udara berada di kisaran 15 - 35 °C, kelembapan udara 55 - 100 %, dan angin dominan dari Timur Laut - Timur dengan kecepatan 05 - 20 km/jam, untuk tanggal 23 Maret 2023, pada pagi hari di wilayah Nganjuk dan Lumajang. Siang sampai sore hari, di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kab. Blitar, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep. Sedangkan pada malam hari di wilayah Pacitan, Jember dan Banyuwangi.

"Himbauan ini dikeluarkan agar masyarakat tetap waspada terutama masyarakat yang ada potensi banjir, tanah longsor agar terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan," punkasnya. (khu/gol)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:08
01:52
01:57
01:49
01:58
05:09
Viral