tebing longsor rusak dua rumah warga.
Sumber :
  • tim tvone - miftakhul erfan

Hujan Lebat, Tebing Longsor Rusak Dua Rumah Warga di Lereng Gunung Lawu, Ngawi

Jumat, 24 Maret 2023 - 13:16 WIB

Ngawi, tvOnenews.com - Usai diguyur hujan lebat lebih dari tiga jam, tebing setinggi 50 meter lebih di lereng Gunung Lawu, longsor dan menimpa dua rumah warga di Desa Pocol, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi. 

Akibatnya, selain material longsor berupa batu, akar pepohonan dan juga tanah merusak dapur, kandang milik Budiman. Material longsor juga menjebol tembok rumah Sutrisno yang bersebelahan. 

Darsono Sukir (53) warga setempat, mengaku tanah longsor tersebut terjadi setelah waktu berbuka puasa. Tiba-tiba mendengar suara gemuruh dan dilihat material longsor sudah menimpa dapur rumah. 

“Pas sehabis buka puasa itu saya dengar suara gemuruh pepohonan yang tumbang bersamaan tanahnya longsor. Tingginya lebih dari 50 meter langsung nimpa rumah yang dibawahnya,” ujar Darsono. 

Sementara itu Jumat pagi (24/3/2023), warga dibantu anggota TNI- Polri dan relawan BPBD setempat melakukan upaya pembersihan serta evakuasi terhadap material longsor yang masih menimbun sebagian bangunan dapur, kandang serta rumah warga. 

“Memang sorenya itu hujan sangat lebat sekali mas, sampai longsor itu kondisinya masih hujan. Mungkin tanah yang di gunung atas sana tak kuat menahan hujan lebat dan karena labil akhirnya longsor,” imbuhnya. 
 
Kepala Desa Pocol Uswatun Hasanah mengaku, memang dampak hujan lebat Kamis sore banyak terjadi titik tanah longsor. Namun longsor yang menimpa rumah hanya ada satu titik. 

“Hujan lebat selama 3 jam kemarin memang berdampak pada banyak tanah longsor di desa Pocol, terdampak rumah ada 2 rumah, kemudian ada dua kandang roboh dan 1 hewan ternak mati. Untuk korban jiwa Alhamdulillah nihil,” terang Uswatun. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:16
01:54
01:38
00:54
01:06
02:40
Viral