ribuan warga antri tukarkan uang baru dengan sistem drive thru.
Sumber :
  • tim tvone - zainal ashari

Ribuan Warga Surabaya Mulai Antri Tukarkan Uang Baru yang Digelar Bank Indonesia dengan Sistem Drive Thru

Minggu, 26 Maret 2023 - 21:04 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Memenuhi kebutuhan uang pecahan baru selama Ramadhan hingga Idul Fitri, 24,5 triliun rupiah uang baru telah disiapkan Bank Indonesia Perwakilan Jawa Timur, untuk dilakukan penukaran oleh masyarakat. Selain menyediakan 500 titik penukaran, masyarakat juga bisa melakukan penukaran uang dengan drive thru untuk pecahan kecil. 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Budi Hanoto memastikan di Jawa Timur mengalokasikan 24,5 triliun rupiah atau mengalami peningkatan 8,4 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 22,6 triliun rupiah, untuk uang baru yang diedarkan. 

Sedangkan untuk Surabaya sendiri digelontorkan sebanyak 12,5 triliun atau meningkat 11,5 persen dibandingkan tahun lalu.

Bank Indonesia juga telah menyiapkan konter bank yang ada di Jawa Timur yang telah dilengkapi spanduk sebanyak 500 titik, yang bisa digunakan masyarakat untuk penukaran uang baru.

Selain itu, Bank Indonesia Perwakilan Jawa Timur juga menghimbau agar masyarakat tak melakukan penukaran uang baru di tempat ilegal untuk mengantisipasi adanya peredaran uang palsu.

"Untuk memudahkan masyarakat, BI Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan perbankan membuka 500 titik layanan penukaran di seluruh kantor perbankan wilayah kerja BI Jatim. Loket penukaran di bank umum buka setiap Selasa sampai dengan Kamis pukul 08.30 WIB sampai dengan 11.30 WIB, sedangkan di BPR buka setiap Senin dan Jumat pukul 08.30 sampai dengan 11.30 WIB," ujar Budi Hanoto, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jatim. 

Sementara itu, Alifah Mella, salah satu penukar uang kertas baru mengaku sengaja melakukan penukaran uang baru di awal bulan Ramadhan, untuk mengantisipasi antrian apabila dilakukan saat mendekati hari lebaran.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral