berkah Ramadhan, penjual krai dadakan menjamur.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Berkah Ramadhan, Penjual Mentimun Krai Dadakan Menjamur di Banyuwangi

Minggu, 26 Maret 2023 - 21:35 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Bulan puasa membawa berkah bagi sejumlah warga di Kabupaten Banyuwangi. Memasuki puasa, pedagang mentimun krai dadakan menjamur di kota ini. Mereka membuat lapak di pinggir jalan raya. Salah satunya di Jalan Raya Jember, Desa Pakistaji, Kecamatan Kabat, Banyuwangi.

Pedagang dadakan ini menjadi fenomena rutin tahunan. Begitu puasa tiba, lapak-lapak darurat dibuat. Kebanyakan, penjualnya kaum ibu-ibu lansia. Dagangannya, mentimun krai yang hanya muncul setiap bulan puasa. Jenis buah ini laris manis sebagai bahan es buah untuk berbuka puasa. 

“Saya setiap tahun membuka lapak selama puasa. Lumayan, untuk membantu ekonomi keluarga,” kata Asiyah (63), salah satu pedagang buah krai. 

Lapak dadakan ini mulai dibuka menjelang tengah hari. Mereka berjualan hingga buka puasa tiba. Ada juga yang berjualan hingga mendekati tarawih. Lokasi lapak yang dilalui jalur nasional memudahkan pedagang mendapatkan pembeli. Para pengguna jalan yang kebetulan melintas akan berhenti, berburu mentimun krai yang masih segar. Seluruh buah yang dijual diambil dari petani lokal, sehingga benar-benar masih baru dari sawah. 

“Sudah ada petani yang mengirimi. Kami hanya menjualkan,” jelasnya.

Sayangnya, puasa tahun ini hasil panen buah krai merosot tajam. Hujan yang tak kunjung berhenti membuat tanaman krai petani banyak yang rusak. Imbasnya, hasil panen sedikit. Meski begitu, harga buah krai tak dinaikkan. Rata-rata, dibandrol Rp5000 per biji. Harga ini tak jauh beda seperti puasa tahun lalu.

Dalam sehari, para pedagang krai ini bisa meraup omzet hingga Rp300.000, bahkan lebih, tergantung cuaca. Jika cuaca panas, penjualan langsung meroket. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral