BMKG peringatkan kewaspadaan dampak tidak langsung siklon tropis Herman.
Sumber :
  • tim tvone - khumaidi

Siklon Tropis Herman, BMKG Warning Dampak Tidak Langsung Gelombang Tinggi dan Angin Kencang

Jumat, 31 Maret 2023 - 11:52 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Adanya siklon tropis Herman di selatan Pulau Jawa, tepatnya Samudra Hindia, selatan Banten, 14.4LS, 103.0BT dengan kecepatan antara 12 knots (22 km/jam) hingga kecepatan mencapai 55 knots (100 km/jam) 987 hPa, membuat BMKG pusat mengeluarkan himbauan kepada masyarakat, terutama nelayan dan kapal penumpang, akan adanya potensi gelombang tinggi dan angin kencang di selatan Pulau Jawa, terutama di Jawa Timur.

Hal ini disampikan oleh Taufiq Hermawan Kepala BMKG Juanda. 

“Kita meneruskan himbauan kepada masyarakat dari BMKG pusat, kondisi Siklon Tropis HERMAN menurun dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah timur tenggara menjauhi wilayah Indonesia,” jelasnya.

Untuk dampak tidak langsung cuaca di Indonesia, terutama di Jawa Timur dalam 24 jam ke depan, dimana potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di wilayah Bengkulu, Lampung, Banten, dan Jawa Barat.

Untuk potensi angin kencang mencapai 25 knot di wilayah pesisir barat Bengkulu, Pesisir Barat dan Selatan Lampung, Pesisir Barat dan Selatan Banten, serta Pesisir Selatan Jawa Barat, sedangkan untuk tinggi gelombang  dari 1.25 meter hingga 2.5 meter di Teluk Lampung, Perairan Bengkulu, dan perairan selatan Jawa Timur.

Taufiq menambahkan bahwa himbauan ini terus dikeluarkan dari BMKG pusat dan akan diteruskan ke daerah-daerah wilayah yang terdampak termasuk BMKG Juanda yang wilayahnya terdampak angin kencang dan gelombang tinggi di selatan Jawa Timur, sehingga kewaspadaan di masyarakat terus ditingkatkan agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.

“Dipredeksi kondisi siklon ini akan melemah dan hilang dengan sendirinya dalam lima hari ke depan,” pungkasnya. (khu/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral