BMKG Juanda keluarkan peringatan dini waspada cuaca ekstrim.
Sumber :
  • tim tvone - khumaidi

BMKG Juanda Keluarkan Peringatan Dini Waspada Hujan Deras dan Angin Kencang Disertai Petir

Jumat, 7 April 2023 - 11:29 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Masa pancaroba peralihan hujan ke kemarau, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda, mengeluarkan peringatan dini untuk meningkatkan kewaspadaan cuaca buruk angin kencang dan hujan deras disertai petir, sesaat untuk beberapa hari ke depan wilayah Jawa Timur, hari ini sampai tanggal 9 April 2023.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika(BMKG) Juanda Taufiq Hermawan saat dihubungi tvOnenews.com. Menurut Taufiq, beberapa wilayah Jawa Timur sudah masuk peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, dimana pada musim peralihan ini beberapa wilayah bisa terjadi potensi cuaca ekstrim, berupa angin kencang puting beliung dan hujan lebat, hujan es, disertai petir walau durasinya sesaat.

Untuk hari ini 07 April 2023, kondisi hujan terjadi dari pagi hingga malam hari hingga dini hari terjadi di wilayah Gresik dan Sumenep, Surabaya, Sidoarjo, Kab. Mojokerto, Gresik, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Pamekasan. Lamongan, Tuban, Jombang, Magetan, Ponorogo, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Pamekasan ,Sumenep Bojonegoro.

"Kondisi cuaca ekstrim ini bukan dipengaruhi faktor lain, selain masa transisi atau pancaroba dari musim hujan ke kemarau," pungkasnya. (khu/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:44
07:21
02:04
11:21
03:10
08:04
Viral