Jalan Sengsara Yesus di kayu salib.
Sumber :
  • tim tvone - zainal ashari

Jumat Agung : Tangis Haru Warga Katolik di Tanjung Perak Surabaya, Saksikan Jalan Sengsara Yesus di Kayu Salib

Jumat, 7 April 2023 - 14:02 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Teriakan "Salibkan Dia.. salibkan Dia.." terdengar menggema bersautan memenuhi tiap sudut di halaman Gereja Santo Mikael Tanjung Sadari, Tanjung Perak Surabaya. 

Ratusan umat Katolik berkumpul di Gereja Santo Mikael memperingati Vila de Lorosa kisah sengsara Isa Almasih, atau lebih dikenal Prosesi Jumat Agung (7/4). Prosesi berlangsung khidmat dan dihadiri sekurangnya 200 umat yang antusias dari pukul 08.00 sampai 10.10 WIB.

“Umat tampak antusias untuk datang dan menyaksikan Jalan Sengsara Yesus di kayu salib, setelah 2 tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19,” ujar Romo Joko S Don Bosco.

Tahun pertama kembali digelarnya Jalan Salib pasca pandemi, para pemain ini bahkan sampai menginap di gereja, agar tak terlambat pagi ini. Mereka mulai merias diri sejak pukul 04.00 WIB. Umat dipersilahkan ikut mengarak jasad Yesus yang dibopong oleh para serdadu ke kubur, yang terletak di samping kiri pintu masuk utama gereja. Yesus dibaringkan disana agar umat bisa melihat lebih dekat. Selesai prosesi jalan salib semua umat riuh memberikan tepuk tangan.

“Meski masih banyak kekerangan drama sengsara Yesus, tahun ini anak-anak memerankan perannya cukup bagus,” tambahnya.

Umat yang duduk di bangku depan gereja merasakan drama tersebut sebagai kejadian yang nyata, hingga beberapa wanita larut dalam kesedihan dan tak kuasa menahan tetesan air mata.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral