petugas gabungan gelar Ramp Check Bus AKAP dan AKDP.
Sumber :
  • tim tvone - miftakhul erfan

Pastikan Layak Jalan, Petugas Gabungan Gelar Ramp Check Bus AKAP dan AKDP di Terminal Kertonegoro Ngawi

Sabtu, 8 April 2023 - 10:54 WIB

Ngawi, tvOnenews.com - Guna memastikan kelayakan jalan armada bus AKAP maupun AKDP menjelang arus mudik lebaran tahun 2023 ini, petugas gabungan Terminal dan Dinas Perhubungan Kabupaten Ngawi menggelar Ramp Check atau uji kelayakan bus yang masuk ke terminal Kertonegoro Ngawi, Sabtu (8/4) pagi. 

Lulu Masruroh, Petugas Penguji Terminal Kertonegoro Ngawi mengatakan, Ramp check ini dilakukan untuk memastikan layak jalan atau tidaknya bus sebagai angkutan umum terlebih menjelang arus mudik lebaran tahun 2023.

“Jadi ramp check ini meliputi fungsi setiap indikator lampu kendaraan, lampu sign, wiper, fungsi rem dan juga kondisi ban,” kata Lulu usai menguji kelayakan bus AKAP. 

Tak hanya itu, petugas gabungan  juga memeriksa kelengkapan surat-surat dalam berkendara. Bagi bus yang tak lolos saat ramp check ini, maka akan langsung ditilang dan ditahan di dalam terminal untuk tidak beroperasi hingga dilakukan perbaikan hingga lolos uji kelayakan. 

“Kita pastikan bus yang keluar dari terminal Kertonegoro Ngawi ini sudah lolos uji dan layak jalan, sehingga perjalanan penumpang atau pemusik aman dan nyaman, bagi yang tidak lolos langsung kami tilang dan dilarang beroperasi,” imbuhnya. 

Masih lanjut Lulu, pemeriksaan ini dilakukan hingga sepekan kedepan secara sampling dan rata-rata dalam pelaksanaan ramp check minimal 10 hingga 15 bus yang dilakukan pengecekan setiap harinya.

Bahkan dalam waktu dekat, pihak Terminal Kertonegoro Ngawi juga akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan juga kepolisian untuk melakukan tes kesehatan dan tes urin bagi para driver bus.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:03
00:58
07:10
03:08
07:10
01:19
Viral