Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Semeru.
Sumber :
  • tvOne - wawan sugiarto

Hujan Abu Vulkanik Intensitas Ringan, Guyur sebagian Wilayah Gucialit Lumajang

Minggu, 9 April 2023 - 15:25 WIB

Lumajang, tvOnenews.com - Hujan abu vulkanik intensitas ringan, dilaporkan mengguyur sebagian wilayah Kecamatan Gucialit, yang terletak di sisi utara Gunung Semeru, Sabtu (9/4/2023). 

Menurut Endang salah satu warga Desa Pakel, hujan abu tipis ini terpantau sekitar pukul 09.00 Wib, saat dirinya handak mengangkat jemuran di halaman rumahnya. 

"Hujan abunya tipis, tidak begitu menganggu aktivitas warga. Kayaknya ini dari gunung semeru. Kan tadi pagi gunung semeru sempat mengeluarkan guguran," kata Endang saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (9/4) siang. 

Lebih lanjut Endang menuturkan bahwa hujan abu beberapa kali terjadi disaat angin mengarah ke utara. 

"Beberapa hari yang lalu juga terjadi hujan abu yang sama. Alhamdulillah cuma sebentar dan tidak terlalu deras," imbuhnya. 

Terpisah, Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo mengatakan, bahwa dampak sebaran hujan abu vulkanik hingga siang ini baru dilaporkan mengguyur sebagian wilayah Kecamatan Gucialit. 

"Sejauh ini hasil pantauan tim di lapangan, sebaran hujan abu hanya berdampak di sebagian wilayah kecamatan Gucialit. Tidak merata sesuai arah angin," jelas Wawan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral