Bupati Lumajang akan bangun Gereja dan Masjid satu komplek.
Sumber :
  • tim tvone - wawan sugiarto

Terapkan Konsep Moderasi Beragama, Bupati Lumajang Bakal Bangun Gereja dan Masjid Dalam Satu Komplek

Senin, 10 April 2023 - 12:54 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Bupati Lumajang Thoriqul Haq, menegaskan komitmen pemerintah Kabupaten Lumajang sebagai kabupaten moderasi beragama. Hal itu disampaikan Cak Thoriq, panggilan akrab Bupati Lumajang, usai mendeklarasikan diri sebagai kabupaten moderasi beragama pertama di Indonesia bersama 5281 warga dari berbagai latar belakang agama. 

Beberapa bulan sebelumnya, rencana pembangunan gereja di wilayah Desa Tempeh Tengah, sempat diwarnai penolakan oleh sebagian kelompok masyarakat. Sebagai bentuk komitmen dan keseriusannya, kini Kabupaten Lumajang berencana membangun gereja dan masjid dalam satu kompleks. Cak Thoriq mengatakan, pembangunan gereja dan masjid akan dilakukan tahun ini menggunakan dana APBD Kabupaten Lumajang.

"Ide dan gagasan pembangunan tempat ibadah ini dalam satu komplek adalah konsep moderasi beragama, jadi berdampingan antara gereja dengan masjid," kata Cak Thoriq saat ditemui di lokasi uji coba jembatan Besuk Kobokan. 

Lokasi pembangunannya akan ditempatkan di tanah bekas timbangan pasir yang sudah tidak difungsikan lagi, tepatnya di Desa Sumberjati, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang.

"Lokasi pembangunan di lahan atau tanah milik pemkab yang dulu adalah konsensus untuk timbangan pasir dan nanti akan dihibahkan untuk bangunan gereja dan masjid," ungkapnya.

lokasi pembangunan gereja dan masjid

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:15
01:19
06:20
02:53
02:49
02:12
Viral