buaya muara sepanjang 2 meter ditangkap warga.
Sumber :
  • tim tvone - imron

Meresahkan, Warga Kediri Tangkap Buaya Muara Sepanjang 2 Meter

Kamis, 13 April 2023 - 19:20 WIB

Kediri, tvOnenews.com - Membuat resah warga lantaran sering muncul di sungai dekat permukiman, akhirnya seekor buaya muara sepanjang 2 meter berhasil ditangkap warga Desa Janti, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Karena membahayakan, buaya berusia 3 tahun tersebut langsung diserahkan ke BKSDA Jawa Timur. 

David Fathurohman Kepala Resor Konservasi Wilayah 01 Kediri BBKSDA Jawa Timur mengatakan sebelum ditangkap, buaya sering muncul di permukaan dan menjadi tontonan warga.

Satwa ini akan kita rehabilitasi, kita evakuasi ke habitat yang semestinya. Tapi ini tidak mungkin langsung kita lepas liarkan, kita lihat dulu, kita orientasi dulu, kalau sudah memungkinkan baru kita lepasliarkan,” jelasnya.

Belum diketahui asal muasal buaya tersebut, jika dilihat dari lokasinya sungai tersebut bukan merupakan habitat alami buaya karena dekat dengan pemukiman warga.

“Banyak spekulasi yang berkembang, setelah kita dalami, kita tidak bisa meyakini bahwa itu habitat alami karena ternyata disitu dekat dengan pemukiman warga, jadi spekulasi yang menguat adalah punya masyarakat yang terlepas atau sengaja dilepasliarkan,” jelasnya.

Penangkapan buaya ini merupakan yang kedua kalinya, sebelumnya pada tahun lalu warga juga berhasil menangkap buaya di tempat yang sama dengan jenis dan ukuran yang sama.
Petugas BBKSDA dan warga menduga di sungai tersebut masih ada buaya muara. Karena sebelumnya, warga melihat ada tiga ekor buaya yang kerap menampakkan diri di sekitar sungai. 

“Dugaan masih ada satu ekor buaya,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral