Tradisi baru Hampers peralatan Sholat, trend baru saat Idul Fitri.
Sumber :
  • tim tvone - zainal ashari

Dulu Parsel Sekarang Hampers Peralatan Sholat, jadi Trend Hantaran saat Idul Fitri

Minggu, 16 April 2023 - 05:37 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Beragam hantaran lebaran menjadi sarana untuk bersilaturahmi. Tradisi yang sudah berjalan berpuluh-puluh tahun ini berkembang dengan beragam bentuk hantaran. Hantaran lebaran yang diberikan beragam bentuknya, mulai dari makanan khas, kue kering, skincare hingga peralatan sholat dan Al Quran.

Dulu dikenal parsel namun belakangan dikenal dengan sebutan hampers. Ada yang biasanya membawa langsung ketika berkunjung saat hari raya namun ada pula yang mengirimkannya.

Konsep hampers memang sama dengan parsel, tetapi secara visual keduanya sedikit berbeda. Parsel biasanya berisi makanan dan minuman yang disusun dalam wadah rotan yang dibungkus plastik bening. Isi parsel biasanya terdiri dari biskuit, sirup, sembako, atau peralatan rumah tangga dalam jumlah banyak.

Sementara hampers disusun lebih modern dan sederhana namun banyak disuka. Karena wadahnya beragam, mulai dari kotak biasa hingga menggunakan besek atau anyaman bambu menyesuaikan temanya.

Isinya juga tidak hanya berupa panganan, tetapi bervariasi mulai dari kosmetik, peralatan elektronik hingga hampers Al Quran dan peralatan sholat untuk hari raya Idul Fitri.

Munculnya fenomena hampers disambut pengusaha pernak pernik dekorasi hiasan rumah untuk mengembangkan usahanya.

Sudjani (54), pemilik usaha Sentosa Florist yang konsen dengan pernak pernik hiasan interior untuk seluruh perayaan hari raya dari Idul Fitri, Natal hingga Imlek di Pasar Atum Surabaya merasakan berkah karena tren hampers ini.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:36
01:13
10:09
07:45
09:41
04:03
Viral