Ribuan Lobster Budidaya di Perairan Banyuwangi Mati akibat Pencemaran Laut.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Miris, Ribuan Lobster Budidaya di Perairan Banyuwangi Mati Akibat Pencemaran Laut

Minggu, 16 April 2023 - 22:01 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Para peternak lobster di perairan Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi, meradang. Ribuan ekor lobster hasil budidaya dilanda mati massal. Musibah ini dipicu pencemaran air laut yang semakin parah. 

Akibat limbah dan sampah yang dibuang ke laut membuat perairan yang awalnya biru berubah kecoklatan. Kondisi ini membuat ekosistem perairan terganggu, termasuk budidaya lobster menggunakan keramba. Air laut yang tercemar memicu bakteri jahat, lalu menyerang ekosistem lobster yang memicu kematian massal. 

"Air laut yang berubah warna coklat ini sudah beberapa kali terjadi. Namun kali ini yang paling parah," kata Pengurus Kampung Lobster Banyuwangi, Hadiyanto.

Padahal, lobster yang dibudidaya di dasar laut ini berkualitas ekspor. Kondisi ini membuat para peternak mengalami kerugian hingga ratusan juta. Maklum, budidaya ini membutuhkan modal sangat besar. 

Fenomena pencemaran laut ini diawali hujan deras yang terus mengguyur wilayah Banyuwangi. Hal ini membuat air sungai membawa lumpur dan sampah ke laut. Kotoran inilah yang memicu munculnya bakteri jahat yang menyerang lobster. Pertumbuhan lobster menjadi terganggu. Bahkan, tingkat kematiannya mencapai 60-70 persen. 

"Jadi, ada serangan bakteri akibat pencemaran sampah laut ini. Sampah yang mengendap memicu racun yang membunuh lobster," jelasnya. 

Jika pencemaran laut ini terus berlanjut dipastikan banyak peternak lobster yang akan gulung tikar.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral