Gerhana Matahari Hibrida Tak Ada Kaitannya dengan 1 Syawal.
Sumber :
  • tim tvone - edy cahyono

Gerhana Matahari Hibrida Tak Ada Kaitannya dengan 1 Syawal, Ini Penjelasan Ketua PCNU Kota Batu

Kamis, 20 April 2023 - 21:48 WIB

Batu, tvOnenews.com - Gerhana matahari atau Kusuf As-syams terjadi pada 20 April 2023. Berdasarkan data astronomis, gerhana matahari hibrida akan terjadi di wilayah Indonesia, kecuali sebagian wilayah utara Provinsi Aceh. Sementara di Kota Batu sendiri bisa dilihat dengan menggunakan teropong teleskop dan kacamata ISO.

Gerhana matahari hibrida menarik pengamat dan pencinta astronomi di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk juga di Kota Batu. Masyarakat Kota Batu sangat antusias menyaksikan gerhana matahari itu. Mereka berkumpul di Alun-alun Kota Batu. 

Untuk memperjelas penampakan gerhana matahari, lembaga Falakiyah PCNU Kota Batu meminjamkan kacamata khusus kepada masyarakat dan wisatawan. 

Selain itu, juga dilakukan peneropongan menggunakan teleskop dengan filter matahari, serta menggunakan kamera DSLR lensa telephoto dengan filter matahari, guna memperjelas penampakan fenomena tersebut. 

Ketua PCNU Kota Batu, Takim menyatakan, tim Falakiyah PCNU Kota Batu melakukan pengamatan mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Berdasarkan hasil pengamatan menggunakan teleskop, gerhana matahari sangat terlihat jelas. 

Selain melakukan pengamatan gerhana matahari, umat muslim di Kota Batu, juga menggelar sholat Kusuf atau sholat gerhana di Masjid Agung An Nuur Kota Batu.

"Gerhana matahari cincin sangat begitu nampak saat dilakukan pengamatan menggunakan teleskop. Gerhana matahari ini terjadi ketika posisi matahari, bulan dan bumi tidak beraturan," katanya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral