warga Muhamadiyah gelar sholat ied di depan Monumen Tugu Pahlawan.
Sumber :
  • tim tvone - zainal ashari

Ribuan Warga Muhammadiyah di Surabaya Gelar Sholat Ied Dipusatkan di Depan Monumen Tugu Pahlawan

Jumat, 21 April 2023 - 11:35 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Ribuan warga Kota Surabaya terutama jamaah Muhammadiyah Jumat pagi (21/04) sekitar pukul 06.00 pagi menggelar Sholat Idul Fitri (sholat ied) yang dipusatkan di depan monumen nasional Tugu Pahlawan Surabaya.

Sholat Ied dipimpin Ustaz Drs H Hamri Aljauhari, Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya, sebagai imam sekaligus khotib sholat Ied.

Sholat Ied diikuti oleh sekitar 2000 jamaah warga Kota Surabaya terutama perkumpulan jamaah Muhammadiyah yang merayakan Idul Fitri yang telah ditetapkan jauh hari lalu.

Setelah sholat Ied, dilanjutkan ceramah Idul Fitri yang menekankan beberapa hal terutama mengenai nikmat keimanan dan persatuan umat Islam.

"Nikmat iman dan Islam harus kita jaga dengan menjaga sholat lima waktu, selain itu kita juga harus menjaga ukhuwah kita dengan saudara kita sesama muslim terutama yang akan melaksanakan sholat Idul Fitri besok pagi," tuturnya.

Terkait adanya perbedaan penentuan Hari Raya Idul Fitri dimana pemerintah dan warga Nahdiyin yang baru akan melangsungkan sholat Ied besok Sabtu (22/4), Khotib sholat Ied mengimbau untuk bisa saling menghargai karena perbedaan dalam Islam adalah rahmat.

"Perbedaan dalam Islam adalah rahmat, kita wajib menjaga ukhuwah wathania dan ukhuwah islamiyah sebagai sesama muslim," tambah Hamri dalam khotbahnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:24
01:09
02:47
02:23
01:31
03:15
Viral