Permen Kunyah untuk Ibu Hamil.
Sumber :
  • sandi irwanto

Inovasi Permen Kunyah Pengganti Suplemen Ibu Hamil, Enak, Bergizi, dan Baik untuk Janin

Rabu, 26 April 2023 - 15:11 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Asupan nutrisi bagi ibu hamil sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang janin. Nutrisi tersebut dapat berupa mikronutrien seperti kalium dan kalsium. Bila nutrisi tersebut tidak terpenuhi, ibu hamil dapat berisiko mengalami keguguran, pertumbuhan janin yang tidak optimal, bahkan kecacatan.

Berawal dari permasalahan tersebut, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Prof Annis Catur Adi M.Si dan tim menciptakan sebuah inovasi bernama Bone_Kal. Formulasi permen kunyah berbahan dasar ekstrak kering air kelapa hijau dan tepung tulang ikan lele ini, ditujukan bagi ibu hamil. Inovasi tersebut resmi mendapatkan paten Hak Kekayaan Intelektual (HKI) pada Januari 2022 lalu.

Prof Annis menjelaskan bahwa permasalahan asupan gizi pada ibu hamil sebetulnya dapat ditangani dengan cara menerapkan pola makan yang baik. Namun faktanya, kebutuhan ibu hamil lebih besar daripada ibu biasa, dan mereka cenderung sulit untuk makan. Oleh karena itu, ibu hamil membutuhkan suplementasi untuk mengurangi risiko kekurangan gizi.

"Suplementasi sudah banyak dilakukan dalam bentuk kapsul atau tablet. Tapi, harganya mahal dan daya terimanya kurang enak. Contohnya tablet tambah darah, itu kurang nyaman, mual, dan bau amis sehingga tidak optimal. Karena itu, masalah daya terima menjadi penting agar ibu hamil dapat mengonsumsi suplemen dengan aman," terangnya.

Ia melanjutkan, dengan melihat permasalahan daya terima tersebut, dirinya berupaya untuk memanfaatkan teknologi dan sumber daya alam yang ada, untuk membuat permen kunyah sebagai pengganti suplemen ibu hamil. Permen kunyah tersebut dibuat dari kalium yang terkandung dalam air kelapa dan kalsium yang ada pada tulang ikan.

“Permen kunyah ini bukan permen biasa seperti umumnya. Permen kunyah ini mengandung zat-zat gizi yang ibu hamil butuhkan. Kenapa kami buat seperti permen kunyah? Karena kenyataannya masih banyak orang yang sulit minum suplemen. Kalau permen kunyah itu bisa diemut, lalu dikunyah dalam mulut dan daya terimanya nyaman,” jelas dosen Departemen Gizi itu.

Perjalanan Penelitian

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:22
02:07
02:34
04:41
02:33
02:15
Viral