Deretan kendaraan pribadi antre masuk kapal.
Sumber :
  • happy oktavia

Antisipasi Antrean Puncak Arus Balik, ASDP Ketapang Siagakan Kapal Sapu Jagat

Kamis, 27 April 2023 - 16:52 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Puncak arus balik pemudik dari Jawa ke Bali melalui Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, diprediksi terjadi pada Sabtu (29/4) dan Minggu (30/4). Mengantisipasi membludaknya penumpang, ASDP Ketapang menyiagakan kapal sapu jagat yaitu Kapal Motor Penumpang (KMP) Jatra II untuk mempercepat pengangkutan.

Kapal yang biasanya melayani rute Pelabuhan Ketapang–Lombok ini mampu menampung hingga 400 unit sepeda motor dan 100 unit kendaraan roda empat pribadi. Kapal sapu jagat ini pernah diterjunkan ketika musim arus mudik dari Bali ke Jawa sebelum lebaran kemarin. 

“Ketika kondisi padat saat arus balik, kami akan operasikan KMP Jatra II di lintasan Ketapang–Gilimanuk. Sehingga, bisa mengurai kepadatan penumpang,” kata General Manager PT Indonesia Ferry (ASDP) Ketapang–Gilimanuk, M. Yasin, Kamis (27/4) siang.
Saat ini, arus balik dari Jawa ke Bali masih relatif normal, meski mulai terjadi peningkatan. Sejak H+3 Lebaran, arus balik mulai mengalir di Pelabuhan Ketapang. Rata-rata didominasi kendaraan pribadi dan roda dua. Mereka kebanyakan kembali lebih awal lantaran harus kembali bekerja. 

“Arus balik dari Jawa ke Bali ini relatif lama. Biasanya, menunggu Lebaran Ketupat,” jelas Yasin.
Selain menyiagakan kapal sapu jagat, sejak mengalirnya arus balik, jalur menuju Pelabuhan Ketapang dibuat satu arah. Seluruh kendaraan pribadi diarahkan masuk melalui jalur alternatif. Sehingga, masuk melalui satu ruas di utara pelabuhan. Hal ini untuk mengantisipasi antrean kendaraan yang akan masuk ke pelabuhan penghubung Selat Bali ini.
Pihak ASDP juga telah menyiapkan dua lokasi buffer zone untuk menampung lonjakan penumpang dan kendaraan. Masing-masing di Terminal Sritanjung dan ASDP Sport Center.

Data dari Posko Angkutan Lebaran Pelabuhan Ketapang, kendaraan roda dua yang menyeberang ke Bali sudah mencapai 17.324 unit. Sedangkan, roda empat mencapai 18.424 unit. Sementara, penumpang dalam kendaraan mencapai 166.492 orang. Angka ini meningkat tajam dibandingkan arus balik tahun sebelumnya. (hoa/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral