Rayakan Lebaran Ketupat, Warga Kampung NU Sediakan 5000 Ketupat.
Sumber :
  • Tim tvone - miftakhul erfan

Unik, Rayakan Lebaran Ketupat, Warga Kampung NU di Magetan Sediakan 5000 Ketupat Gratis Digantung Sepanjang 1 Kilometer

Sabtu, 29 April 2023 - 22:22 WIB

Magetan, tvOnenews.com - Warga kampung NU di Dusun Joso, Desa Turi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, memiliki tradisi unik dalam merayakan hari raya lebaran ketupat, yang digelar setelah sepekan dari hari raya Idul Fitri, tepatnya Sabtu (29/1/), yang dimulai sejak pukul 07.00 s/d 12.00 WIB. 

Uniknya dalam tradisi ini, warga menyediakan 5000 lebih ketupat gratis yang digantung di depan rumah sepanjang jalan desa hingga memanjang sejauh 1 kilometer.

Selain ketupat, warga setempat juga menyediakan aneka sayur pelengkap hidangan ketupat seperti pecel, sayur lodeh hingga opor ayam yang juga disediakan gratis bagi pengunjung yang ingin menikmati makan ketupat di tempat.

Rahmadhani (35) seorang pengunjung asal Madiun yang mengaku baru pertama kali melihat ada tradisi unik ini, dimana semua warga menyajikan ketupat lengkap sayurnya secara gratis di depan rumah mereka.

“Jujur saya baru tahu mas kalau ada tradisi unik ini, biasanya kan kalau tradisi ketupat itu ya di rumah masing-masing, tapi ini berbeda, semua warga menyajikan masakan lengkap di depan rumah mereka dan gratis lagi, kita boleh makan sepuasnya," ujar Rahmadhani sambil makan ketupat.

Sementara itu, Minhad (48) koordinator dari panitia tradisi wisata ketupat mengaku acara kupatan ini rutin digelar setiap tahunnya. Yaitu sepekan setelah hari raya Idul Fitri, ketupat yang disediakan oleh warga secara sukarela ini sebanyak 5000 lebih dan digantungkan di depan rumahnya masing-masing hingga sejauh 1 kilometer. 

“Jadi ini adalah tradisi sejak turun- temurun di desa sini, karena lambat lain mulai punah, maka kita adakan lagi dan didukung penuh oleh warga masyarakat,” kata Minhad.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral