Renungan Hardiknas 2023 Anggota Dewan Pendidikan Jawa Timur.
Sumber :
  • tim tvone - sandi irwanto

Renungan Hardiknas 2023 Anggota Dewan Pendidikan Jawa Timur, Guru/ Dosen harus Diberi Bekal Berkomunikasi Digital

Selasa, 2 Mei 2023 - 16:08 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Hari ini, Selasa (2/5) merupakan momen penting bagi dunia pendidikan di Indonesia. Lantas bagaimana memberdayakan pendidikan  nasional di era teknologi digital seperti saat ini?  
 
Anggota Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Suko Widodo, turut mengucapkan dan merenungkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 2 Mei ini. Di grup whatsapp, Suko Widodo, yang juga Pakar Komunikasi Politik Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini menulis narasi terkait pendidikan.
 
“Seorang terpelajar selalu berusaha berbuat adil sejalan dalam pikirannya, apalagi perbuatannya,” tulis Suko Widodo.
 
“Wahai orang-orang terpelajar, kembangkan nalar budimu dengan kemuliaan ilmu pengetahuan, dan pertaruhkan dirimu untuk perbaikan negeri ini,” tulisnya lagi.   
 
Di momen Hari Pendidikan Nasional ini, kata Suko Widodo, perkembangan teknologi komunikasi telah dan terus merubah tatanan di semua lini. 
 
“Perilaku sosial juga berubah, dimana kehidupan juga mengalami perubahan platform. Tatap muka dan Bermedia,” ungkap pria penggemar Nasi Pecel Madiun ini.
 
Karena itu, menurutnya di era teknologi digital ini, cara belajar pun harus disesuaikan perkembangan teknologi komunikasi. 
 
“Ikhwal penting yang perlu dijadikan kebijakan pendidikan adalah percepatan digitalisasi dan sekaligus perilaku berkomunikasi dengan etika dalam ruang digital. Para guru harus diberi bekal berkomunikasi digital,” tuturnya.
 
Selain itu, kata Suko, infrastruktur digital dilengkapi. Aplikasi pengetahuan diperkuat. Laboratorium menjadi sarana praktik pengetahuan. Para guru harus diberi bekal berkomunikasi digital.
 
“Perkuat pendidikan moral, cukupi infrastruktur sekolah, penghargaan pada guru/ dosen secara memadai,” pungkas Suko Widodo. (msi/hen) 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:21
02:44
09:37
02:52
04:28
07:37
Viral