12 Mahasiswa Asal Jawa Timur yang Kuliah di Sudan Dipulangkan.
Sumber :
  • tim tvone - sandi irwanto

12 Mahasiswa Asal Jawa Timur yang Kuliah di Sudan Dipulangkan

Rabu, 3 Mei 2023 - 17:23 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Sedikitnya 12 mahasiswa Warga Negara Indonesia (WNI) asal Jawa Timur dari negara Sudan, yang sedang dilanda perang saudara, kembali dipulangkan ke rumah masing-masing. Kepulangan ini difasilitasi oleh Pemprov Jatim. 12 WNI ini tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Rabu (3/5). 
 
Total ada 37 WNI asal Jatim yang berhasil dievakuasi dan dipulangkan ke tanah air dari konflik perang saudara di negara Sudan. 37 WNI ini tiba di Surabaya secara bertahap sejak hari Minggu kemarin (30/4). 
 
Sementara hari ini, Rabu (3/5), terdapat 12 WNI asal Jatim yang dipulangkan dan dikumpulkan di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, sebelum mereka diantar pulang ke rumah masing-masing. 
 
Dari 12 WNI asal Jatim ini, 11 orang diantaranya pria dan 1 wanita. Mayoritas mereka berstatus mahasiswa yang sedang menyelesaikan pendidikan tinggi dan tersebar di berbagai Universitas di Sudan. Mereka berasal dari berbagai daerah seperti dari kota Surabaya, Sidoarjo, Malang, Pasuruan, Blitar, Lumajang, Jember, dan Bojonegoro. 
 
Fariz Maulana, salah seorang WNI dari Sudan dan berstatus sebagai mahasiswa tingkat akhir di Sudan, serta berasal dari Kota Malang, mengaku cukup lega bisa kembali pulang ke tanah air dengan selamat. Lantaran sebelumnya ia merasa was-was ketika berada di tengah-tengah kondisi Sudan yang sedang dilanda perang saudara. Karena itu apabila perang di Sudan masih berkecamuk dan terus bergejolak, maka ia akan putuskan untuk melanjutkan kuliahnya di tanah air. 
 
"Senang sekali bisa kembali pulang ke tanah air dan kembali ke pelukan orang tua. Semoga perang Sudan cepat berakhir. Apabila tak kunjung mereda, maka saya akan melanjutkan studi saya di Indonesia," ungkap Fariz Maulana.
 
Hal yang sama juga disampaikan oleh Nahwa Hamida, mahasiswi tingkat akhir di Sudan ini, juga mengaku senang bisa kembali pulang dari konflik perang di Sudan. Ia juga berharap peperangan ini bisa cepat selesai, sehingga ia bisa menyelesaikan kembali kuliahnya. 
 
"Saya merasa senang bisa kembali pulang dari konflik perang di Sudan. Semoga perang tersebut cepat selesai," ujar Nahwa Hamida, mahasiswa asal Bojonegoro. 
 
“Saya berharap perang saudara di Sudan bisa cepat berakhir, sehingga kami bisa melanjutkan dan menyelesaikan kuliah di sana. Sayang sekali saya sudah semester akhir, namun terpaksa harus pulang karena ada konflik ini,” tuturnya.
 
Tibanya 12 WNI asal Jatim di Asrama Haji Sukolilo Surabaya ini merupakan kloter keempat atau kedatangan gelombang terakhir dari total 37 WNI asal Jatim. Ke-12 orang ini kemudian di antar ke rumah masing-masing oleh Pemprov Jatim maupun Pemkab/Pemkot dari asal masing-masing dari 12 WNI tersebut. (msi/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral