Festival Rujak Uleg yang digelar setiap tahun di Jalan Kembang Jepun.
Sumber :
  • tvOne - zainal azkhari

Meriahnya Festival Rujak Uleg di Surabaya, Ribuan Warga Makan Rujak Sambil Joget

Minggu, 7 Mei 2023 - 11:02 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Warga Surabaya larut dalam gelaran Festival Rujak Uleg yang digelar setiap tahun di Jalan Kembang Jepun sejak 2007 untuk memperingati Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS). Warga Surabaya patut banga pasalnya di tahun ini festival kebangaan arek Surabaya ini akhirnya masuk dalam agenda wisata nasional.

Semakin malam, Festival Rujak Uleg di Kembang Jepun Surabaya semakin meriah. Warga Surabaya maupun luar kota hingga mancanegara terus memadati Jalan Kembang Jepun.

Hingga tengah malam, Kya-kya semakin padat oleh lautan manusia. Mereka sangat antusias melihat pertama kali rujak yang diuleg di tiga cobek besar oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, Wali Kota Eri Cahyadi, Konjen Australia dan konjen negara lain, staf ahli Kemenparekraf Eselon 1 hingga enam kepala daerah wilayah gerbang kertasusila.

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengatakan Festival Rujak Uleg bisa menaikkan ekonomi Surabaya. Terlebih masuk dalam salah satu Kharisma Event Nusantara (KEN).

"Hari ini bersama hadir dalam Festival Rujak Uleg, sebuah tradisi dan budaya. Setiap RT, setiap RW ada banyak penjual rujak, rujak uleg menjadi sumber ekonomi Jatim, khususnya Surabaya. Sekarang sudah masuk KEN, mudah-mudahan semakin hari dunia melihat Surabaya kelengkapan budaya, kuliner dan kehangatan warga Surabaya," kata Khofifah dalam sambutannya, Sabtu (6/5).

Festival Rujak Uleg 2023 yang digelar untuk ke-13 kalinya pada tahun ini masuk dalam 110 Karisma Event Nusantara (KEN) Tahun 2023. KEN adalah kalender kegiatan wisata nasional yang dibuat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Farah Andita Ramdhani mengatakan bahwa usulan Festival Rujak Uleg masuk dalam 110 Karisma Event Nusantara melalui beberapa tahapan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:01
00:52
01:49
01:18
14:22
10:10
Viral