Young Buddhist Association.
Sumber :
  • Syamsul Huda

Jelang Vesak Festival, Young Buddhist Association Gelar Kajian Lintas Agama tentang Cinta

Senin, 8 Mei 2023 - 03:17 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Young Buddhist Association bersama Rumi Institute menggelar kajian lintas agama bertema “Religion of Love” perspektif agama Islam dan Buddha, yang digelar di Surabaya.

Kajian ini menghadirkan dua narasumber atau dua tokoh dari dua agama, yaitu Bhante Jayamedho Thera yang merupakan Pimpinan Sangha Theravada Indonesia Provinsi Jawa Timur serta Dewan Pelindung Young Buddhist Association dari agama Buddha, dan Muhammad Nur Jabir yang merupakan Direktur Rumi Institute dari agama Islam.

Acara iyang mengusung tema "Cinta dalam Agama" itu merupakan konsep yang pertama kali digelar di Indonesia dengan diskusi lintas agama Buddha dan Islam tentang karya Jalaluddin Rumi.

Pada kesempatan itu, Tokoh Agama Buddha Bhante Jayamedho menjelaskan bahwa dengan lepasnya identitas seseorang, maka dengan sesama akan bisa menemukan kebenaran murni, kebenaran yang diperoleh beyond the religion (di luar batas sekat agama).

"Nah, Rumi mengatakan Aku Bukanlah Orang Nasrani, Aku Bukanlah Orang Yahudi, Aku Bukanlah Orang Majusi, Aku Bukanlah Orang Islam. Keluarlah! Lampaui Gagasan Sempitmu Tentang Benar Dan Salah Sehingga Kita Dapat Bertemu Pada 'Suatu Ruang Murni' Tanpa Dibatasi Prasangka Atau Pikiran Yang Gelisah," kata Bhante yang mengutip puisi dari Rumi.

Menurutnya, perlu adanya tanggungjawab sebagai pemeluk agama untuk mempertanggungjawabkan agama itu bisa dipakai untuk perdamaian bukan untuk kekerasan (violence).

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:34
05:20
01:32
01:24
17:04
02:09
Viral