Sebanyak 2.300 Jamaah Haji asal Sidoarjo siap Berangkat ke Tanah Suci Makkah.
Sumber :
  • tvOne - khumaidi

Sebanyak 2.300 Jamaah Haji asal Sidoarjo siap Berangkat ke Tanah Suci Makkah

Rabu, 10 Mei 2023 - 20:06 WIB

Sidoarjo, tvOnenews.com - Tahun ini, 2300 orang jamaah haji asal Sidoarjo akan berangkat ke tanah suci Makkah. Mereka mengikuti bimbingan manasik haji massal yang digelar Kementerian Agama Sidoarjo di gedung Rohmatul Ummah, Rabu (10/5). 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali menyampaikan pesan kepada para jamaah haji untuk senantiasa menjaga niat dan kesehatan selama berada di tanah suci.

Dikatakannya, cuaca di Makkah diprediksi bisa mencapai 50 derajat celcius saat ibadah haji berlangsung. Oleh karenanya, ia meminta untuk benar-benar mempersiapan segala sesuatunya, seperti membawa vitamin dan menjaga pola makannya. Jama'ah haji juga diminta menghindari makanan yang menjadi pantangan bagi penyakit yang diderita.

"Jenengan harus persiapkan dengan baik, jangan sampai ibadah jenengan ini terganggu karena faktor kesehatan. Mulai sekarang bapak-ibu jaga kesehatan, jaga niat sampai nanti berada di tanah suci Makkah," ujar Muhdlor.

Bupati Sidoarjo itu juga mengimbau kepada jamaah haji untuk selalu patuh kepada petugas haji yang mendampinginya. Ia juga meminta petugas haji untuk memperhatikan jamaahnya. Terutama kepada jamaah haji yang sudah lansia. Petugas kesehatan haji diharapkan sabar dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada para jamaah yang didampinginya. 

"Yang jadi pendamping saya harapkan menganggap ibu-ibu, bapak-bapak lansia jamaah haji sebagai bapak ibu jenengan sendiri," pintanya. 

Muhdlor mengungkapkan, bahwa Sidoarjo menjadi kabupaten dengan jumlah jamaah haji terbanyak di Jawa Timur. Terdapat 85.580 warga Sidoarjo yang telah mendaftarkan dirinya untuk berangkat haji. Mereka siap menunggu antrian sampai 35 tahun ke depan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:11
05:51
01:35
02:53
01:13
01:10
Viral