Olah TKP di Tumpak Sewu Lumajang.
Sumber :
  • wawan sugiarto

Update WNA Malaysia yang Tewas di Tumpak Sewu Lumajang, Ini Dugaan Polisi

Jumat, 12 Mei 2023 - 11:29 WIB

Lumajang, tvOnenews.com – Kapolres Lumajang AKBP Boy Jeckson Situmorang, menyatakan bahwa insiden tewasnya Josephine Tham Sook Min (58), salah satu wisatawan asing asal Malasyia di tempat wisata Air Terjun Tumpak Sewu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, diduga kuat akibat kelalaian dari korban sendiri. Hal itu disampaikan Boy saat ditanya sejumlah awak media di Pendopo Arya Wiraraja, terkait perkembangan hasil olah TKP, serta  hasil pemeriksaan terhadap para saksi, Kamis (11/5).

“Dari kemarin kita telah melakukan pemeriksaan secara marathon terhadap saksi-saksi terkait kejadian kecelakaan di objek wisata Tumpak Sewu Pronojiwo, yang mengakibatkan jatuhnya korban, seorang wanita warga Malasyia. Langkah awal yang kita lakukan adalah melakukan olah TKP, menutup area tersebut status quo, kemudian kita memeriksa saksi-saksi dari rombongan, guide lokal maupun guide yang dari kota Malang, kemudian dari Pokdarwisnya, total ada enam orang,” kata Boy.

Menurut Boy, pihaknya telah melakukan beberapa hal yang paling utama, yakni mengamankan dan melakukan tindakan kepolisian serta tindakan medis terhadap korban, beberapa saat setelah memperoleh informasi terjadinya insiden kecelakaan di tempat wisata tersebut.

“Alhamdulillah tadi malam sekitar pukul 22.00, sudah selesai prosesnya. Autopsi juga sudah kita lakukan dan jenazah korban langsung kita berangkatkan bersama rombongan, suaminya dan pihak imigrasi ke bandara Juanda, untuk selanjutnya diterbangkan ke Singapura,” sambungnya.

Boy menjelaskan, bahwa dari hasil olah TKP dan keterangan sejumlah saksi, diduga kuat insiden kecelakaan yang mengakibatkan jatuhnya korban jiwa ini, akibat kelalaian dari korban sendiri.

“Dari hasil pemeriksaan kemarin, terutama dengan suami korban yang ikut mendampingi korban, memang dugaan kita murni karena kecelakaan dan kelalaian dari korban sendiri ya, karena agak cukup licin ya lokasi tersebut. Jadi jatuh dari pegangan suaminya,” pungkas Boy.

Diberitakan sebelumnya, wisatawan asing asal Malaysia Josephine Tham Sook Min (58) meninggal dunia usai terjatuh saat menuruni tebing di kawasan Wisata Tumpak Sewu. Diketahui, korban datang bersama lima wisatawan asing lainnya yang berasal dari Malaysia dan Singapura. (wso/far)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
22:31
02:12
09:21
17:30
00:55
01:19
Viral