viral, longsoran berulangkali di tambang Gunung Kapur Gresik.
Sumber :
  • tim tvone - habib

Viral, Detik-detik terjadi Longsoran Berulangkali, di Tambang Gunung Kapur, Gresik

Senin, 15 Mei 2023 - 10:10 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Sebuah video detik-detik peristiwa longsor tambang gunung kapur yang terjadi berulang kali, viral di media sosial. Diduga tambang galian C itu berada di sebuah bukit kapur Desa Prupuh, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Di lokasi tersebut, memang sedang ada aktivitas penambangan galian C.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa runtuhnya perbukitan gunung kapur itu terjadi Jumat (12/5). Beruntung, dalam kejadian kali ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Sebelumnya, beredar video longsor di sebuah tambang galian C dan menjadi viral di media sosial, menarik perhatian. Dalam konten yang tersebar itu terdapat kepanikan sopir dan operator alat berat di lokasi.

Menyikapi hal itu, operator alat berat tambang galian C, Roni, kepada awak media menjelaskan terkait kronologi kejadian tersebut. Menurutnya saat terjadi peristiwa nahas itu, sopir dan operator sedang beristirahat sehingga tidak ada korban jiwa.

"Ya, benar. Kejadian longsor terjadi sekitar jam 2 siang pada hari Jumat kemarin," tuturnya pada hari Minggu (14/5).

Roni menyatakan memang di wilayah itu sering dilakukan penambangan. Bahkan, gunung kapur yang sebelumnya terlihat kokoh dan stabil, kini mulai mengalami erosi. Nah, ini yang membuat terjadinya longsor.

"Tanah yang berada di atas batu kapur sangat labil karena sering kali tanahnya diambil. Jika tidak dilakukan pemindahan tanah (melongsorkan), maka akan menjadi semakin berbahaya," jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:48
06:43
06:09
02:32
04:51
03:03
Viral