Ikan Paus Terdampar di Surabaya segera Dievakuasi.
Sumber :
  • tim tvone - sandi irwanto

Ikan Paus dari Perairan Australia yang Terdampar di Pantai Kejawen Surabaya, akan segera Dievakuasi

Selasa, 16 Mei 2023 - 15:08 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Ikan paus sepanjang 12 meter yang ditemukan terdampar di pantai Kejawan Putih Tambak Mulyorejo, Surabaya, akan segera dievakuasi. Paus berjenis kelamin betina ini akan ditarik agak ke tengah laut dan diikat, agar tidak menggangu aktifitas nelayan setempat.

Nelayan Kejawan Putih Tambak Mulyorejo Surabaya, dikejutkan dengan ditemukannya ikan paus yang mengambang di bibir pantai di sekitar wilayah hutan mangrove, tak jauh dari kampung nelayan setempat. 

Ikan paus dari golongan brydes whale ini pertama kali ditemukan nelayan setempat pada Sabtu malam kemarin. Saat ditemukan nelayan, ikan paus berjenis kelamin betina dengan panjang 12 meter ini sudah dalam keadaan mati. Temuan satwa mamalia laut ini kemudian dilaporkan kepada petugas kelurahan dan diteruskan kepada petugas terkait agar segera ditangani.

M Yasin, petugas dari LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan) Kejawan Putih Tambak Surabaya yang turut terlibat dalam proses evakuasi penemuan bangkai ikan paus ini mengatakan, awalnya nelayan yang mengabari adanya ikan paus yang mengambang di tepi pantai. Setelah dicek ternyata ikan raksasa dari perairan Australia tersebut kondisinya sudah mati.

"Mulanya nelayan yang ngabari adanya ikan paus yang mengambang di tepi pantai. Setelah dicek ternyata ikan paus ini dari perairan Australia  kondisinya sudah mati," ungkap M Yasin.

Sementara itu, agar tidak mengganggu aktifitas nelayan, ikan paus tersebut akan dievakuasi agak ke tengah agar bangkainya tidak mencemari air di sekitar pantai tersebut.

“Penemuan ikan paus yang terdampar ini sudah yang ke dua kalinya di tempat ini. Sebelumnya juga ada satu yang terdampar dan mati, waktu itu saat pandemi Covid 19,” ucap Yasin.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral