puluhan pack rokok ditemukan di koper Calon Jemaah Haji asal Madura.
Sumber :
  • Tim tvone - sandi irwanto

Puluhan Pack Rokok Ditemukan di Koper Calon Jemaah Haji Asal Madura

Selasa, 23 Mei 2023 - 23:47 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Petugas gabungan Embarkasi Surabaya mengamankan sejumlah barang bawaan ccalon jemaah haji yang dibawa di dalam koper ketika di asrama haji Sukolilo Surabaya, Selasa (22/5). Barang yang terpaksa disita, karena dilarang dalam penerbangan dan melebihi kapasitas yang telah ditentukan. Barang calon jemaah haji disita petugas berupa puluhan pack rokok dan power bank.

Dengan menggunakan alat metal detektor, koper jamaah haji diperiksa satu persatu. Hasilnya dari 450 koper calon jemaah haji kloter pertama asal Bangkalan ditemukan barang yang dilarang dalam penerbangan dan barang yang melebihi kapasitas yang telah ditentukan.

Barang tersebut seperti power bank dan puluhan pack rokok yang selanjutnya disita oleh petugas panitia penyelenggara ibadah haji (PPIH) Embarkasi Surabaya. Nantinya barang yang disita tersebut akan dikembalikan atau bisa diambil oleh keluarga jamaah haji.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Khusnul Maram mengatakan barang yang diamankan masih dalam batas kewajaran karena ketidaktahuan calon jemaah haji.

"Petugas PPIH telah menghimbau calon jemaah haji agar tidak membawa barang berlebihan atau yang membahayakan penerbangan," kata Husnul Maram, Kepala Kanwil Kemenag Jatim, Selasa (22/5).

Sesuai aturan, calon jemaah haji diijinkan membawa rokok maksimal 200 batang atau 10 pack. sementara barang larangan penerbangan seperti cairan berbahaya, power bank dan senjata tajam dilarang dibawa. (msi/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral