2 TKI Banyuwangi disiksa di Myanmar.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

2 TKI Asal Banyuwangi yang Disiksa di Myanmar, Dipekerjakan dalam Jaringan Penipuan Online

Rabu, 24 Mei 2023 - 21:39 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Dua Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengaku disiksa di Myanmar dipastikan warga Banyuwangi. Keduanya berasal dari Desa Wonosobo, Kecamatan Srono. Mirisnya, keduanya ternyata dipekerjakan dalam jaringan penipuan online.

Asal-usul dua TKI ini terkuak setelah pihak desa mengetahui video keduanya. Begitu melihat video yang viral, pihak desa bersama kecamatan setempat mendatangi rumah kedua TKI tersebut. 

“Identitasnya adalah Muhammad Ilyas dan Muhammad Sugiantoro, beralamat di Dusun Krajan Kulon, Desa Wonosobo,” kata Sekretaris Desa Wonosobo, Rudi Siliworo Putro, Rabu (24/5).
 
Informasi dari pihak keluarga, kedua TKI ini berangkat pada Oktober 2022 lalu. Karena tak memiliki pekerjaan, keduanya langsung tergiur saat ditawari bekerja di Thailand. Versi keluarga, keduanya didatangi calo TKI berinisial B dan S asal Srono, Banyuwangi. Kala itu, dua TKI ini diminta biaya Rp10 juta per orang.

Keduanya tak menolak setelah diyakinkan perusahaan yang mengirimnya berstatus resmi. Apalagi, prosesnya tidak ribet. Ketika hendak berangkat, istri Muhammad Ilyas sempat keberatan. Pun dengan keluarga Muhammad Sugiantoro yang berstatus bujangan ini. Namun, keduanya tetap nekat berangkat.

Celakanya, begitu tiba di Thailand, mereka dibawa ke perbatasan Myanmar. Parahnya lagi, mereka justru dipekerjakan dalam jaringan kejahatan skimming. Selama bekerja, keduanya kerap mendapatkan penyiksaan, bahkan disekap.
 
Kedua korban kemudian nekat membuat video dan viral. Keluarga berharap, keduanya bisa segera pulang dengan selamat. 

“Pemerintah desa juga semaksimal mungkin mendampingi keluarga,” jelas Rudi.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan Kecamatan, Dinas Tenaga Kerja dan menggandeng aparat penegak hukum. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:57
02:32
01:28
04:58
01:44
02:05
Viral