Bangkai pesawat tempur di Lamongan.
Sumber :
  • mohammad mahrus

Lokasi Temuan Pesawat Tempur di Lamongan Diduga Pernah Jadi Tempat Pangkalan Militer Belanda

Kamis, 25 Mei 2023 - 18:25 WIB

Lamongan, tvOnenews.com - Bangkai pesawat yang diduga peninggalan PD 2 ditemukan nelayan Lamongan pada kedalaman 30 meter di bawah laut. Jarak lokasi temuan dengan daratan diperkirakan 14 mil. Tempat temuan tersebut diduga menjadi tempat pangkalan militer Belanda.

Sekretaris HNSI Lamongan Ma'mun Murod mengatakan, bangkai pesawat tersebut ditemukan pertama kali oleh Miftah, warga RT 01 RW 03, Desa Weru, Kecamatan Paciran dalam kondisi yang sudah tak lagi utuh. Ketika itu, jaring yang dipakai oleh Miftah, kata Ma'mun, tiba-tiba tersangkut sesuatu yang ada di dasar laut. 

"Ditemukan oleh Pak Miftah saat di laut menangkap ikan pada hari Minggu lalu,” kata Murod.

Murod menjelaskan, Miftah kemudian mencoba menariknya sendirian dan pada saat itu Miftah belum tahu jika yang tersaangkut di jaringnya adalah bangkai pesawat. Miftah mencoba untuk menariknya ke bibir pantai, namun nahasnya, saat berada di jarak sekitar dua mil dari pantai, perahunya kehabisan solar.

"Pak Miftah kemudian memutuskan untuk memasang tanda dan meminta bantuan kepada warga nelayan setempat," jelasnya. 

Pasca ditemukan, bangkai itu baru bisa dibawa menepi dan ditarik ke daratan oleh nelayan. Kondisi ketika ditemukan sudah tak utuh dan hanya ada bagian depan dan sayap pesawat.

"Saat ditemukan sudah tidak utuh dan hanya bagian depan saja dan ekornya tak utuh. Lalu hari Senin sekira pukul 14.00 ditarik ke daratan. Sedangkan pada bagian bangkai pesawat tempur sudah tenggelam di dasar laut sejak lama," bebernya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral