Pulau Gili Ketapang Probolinggo Dikenal sebagai Pulau Haji, Ini Alasannya.
Sumber :
  • tvOne - m syahwan

Pulau Gili Ketapang Probolinggo Dikenal sebagai Pulau Haji, Ini Alasannya

Minggu, 28 Mei 2023 - 12:59 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Pulau Gili Ketapang, selain dikenal sebagai pulau wisata snorkeling terindah di Jawa Timur, pada musim haji tiba pulau ini juga dikenal sebagai pulau haji dan umroh. Sebuah pulau kecil di selat Madura, tepatnya 8 kilometer di lepas pantai utara Probolinngo, termasuk wilayah Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Munir, Kepala Desa Pulau Gili Ketapang mengatakan, bahwa hampir 60 persen penduduk yang berada di pulau Gili Ketapang sudah menunaikan ibadah haji ke Makkah.

"Pada musim haji tahun ini, sudah ada 50 calon jamaah haji dari 3.100 penduduk yang sudah haji," katanya, Sabtu (27/5).

Maka tak heran, jika penduduk pulau Gili Ketapang yang mayoritas bekerja sebagai nelayan sudah menjadi haji dan rata-rata masih berumur muda.

"Pada umumnya remaja berumur 20 tahun disini sudah didaftarkan sebagai calon jamaah haji, sehingga tenggang waktu pelaksanaan haji bisa panjang," tambahnya.

Menurut Munir ada sebuah tradisi yang sangat menarik. Pada saat keberangkatan haji nanti, seluruh penduduk yang ada di pulau Gili Ketapang ini akan memberikan uang sangu untuk perjalanan menuju Makkah.

"Unik mas, sudah tradisi mulai dari anak- anak hingga orang dewasa akan memberikan uang sangu kepada calon jamaah haji tersebut," tuturnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:13
01:07
03:09
04:29
01:56
01:27
Viral