Vaksinasi sapi di Probolinggo.
Sumber :
  • m syahwan

Waspada Virus LSD, Ratusan Sapi di Probolinggo Wajib Vaksin

Selasa, 30 Mei 2023 - 19:42 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com – Sedikitnya 18 sapi di Kota Probolinggo terjangkit virus LSD (Lumpy Skin Disease). Oleh sebab itu, pemerintah setempat kembali harus bekerja keras untuk menekan penyebaran virus baru tersebut.

Walaupun penyebaran virus LSD tak seganas PMK yang masih gencar sampai saat ini, namun ratusan sapi di wilayah Kota Probolinggo mulai divaksin menjelang Hari Raya Kurban tiba.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Probolinggo, Aris Santoso mengatakan, jika Kota Probolinggo mendapat jatah 10 botol vaksin untuk pencegahan virus LSD dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Selasa (30/5).

“Dari 10 botol itu, bisa memvaksin Sebanyak 200 ekor sapi. Karena itu, kita pastikan sebelum Hari Raya Idul Adha nanti, seluruh sapi di wilayah ini sudah tervaksin semua,” katanya.

Diketahui pihak DPKPP, mulai melakukan vaksinasi sejak kemarin (29/5), dan ditargetkan pada akhir bulan Mei ini, vaksinasi sudah dilakukan secara merata.

“Selain vaksinasi, sebagai langkah pencegahan, kita juga akan melakukan pantauan pada pasar hewan, dan rumah poton hewan,” terangnya.

Di lain sisi, menurut drh. Nikolas Nur Yuliyanto, penyebab virus LSD ini, bisa juga dari nyamuk dan sanitasi pada kandang yang tidak sehat.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral