Pembangunan palang rel di Probolinggo.
Sumber :
  • m syahwan

Cegah Kecelakaan Kereta Api, Warga Probolinggo Swadaya Bangun Tiga Palang Pintu Perlintasan Rel

Rabu, 31 Mei 2023 - 16:18 WIB

Probolinggo, tvOnenews.com - Berkat swadaya bersama antara masyarakat dan pemerintah desa, akhirnya tiga palang pintu rel kerata api bisa selesai terbangun sesuai target, di Dusun Banjar Utara dan Dusun Beji, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Rabu (31/5).

AKBP Wadi Sa'bani, Kapolres Probolinggo Kota, saat melakukan pengecekan menyampaikan, swadaya pembangunan palang pintu rel kereta api itu, sebagai tindakan antisipatif untuk menghindari terjadinya kecelakaan tragis yang meyebabkan korban jiwa di perlintasan yang belum memiliki palang.

“Palang rel kereta api ini, merupakan hasil kerjasama antara masyarakat dan pemerintah desa yang berkomitmen untuk menjaga keamanan dan keselamatan di wilayah mereka," jelasnya.

Lebih lanjut, Wadi menurutkan, warga prihatin terhadap peristiwa kecelakaan yang telah terjadi di masa lalu, dan berkomitmen untuk mencegah kejadian serupa terulang kembali.

"Tujuan utama dari pembangunan palang pintu rel adalah untuk menekan angka kecelakaan yang disebabkan oleh warga yang nekat menerobos perlintasan kereta api tanpa adanya palang sebagai tanda pengaman," ucapnya.

Dia juga menuturkan, pentingnya peran aktif masyarakat dalam menjaga palang rel ini, agar selalu terawat dengan baik dan menjadikan palang rel sebagai simbol kesadaran kolektif dan tanggung jawab bersama dalam memastikan keamanan di perlintasan kereta api.

“Kepolisian bersama masyarakat harus bersinergi supaya kejadian kecelakaan tidak terulang lagi. Nanti akan kita pasang jadwal jam–jam dimana kereta akan melintas, warga agar berhenti sejenak dan menunggu hingga kereta api lewat,” pungkasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:13
08:31
03:29
04:25
01:50
23:20
Viral