Tradisi Sedekah Laut Larung Sembonyo.
Sumber :
  • tvOne - aris sutikno

Prigi Beach Carnival, Ribuan Warga Trenggalek Tumpah Ruah di Tradisi Sedekah Laut Larung Sembonyo

Minggu, 4 Juni 2023 - 11:39 WIB

Trenggalek, tvOnenews.com - Warga Trenggalek menggelar upacara adat labuh laut larung sembonyo, sebagai bentuk rasa syukur atas melimpahnya dari hasil laut, Sabtu (3/6). Tradisi adat sedekah laut larung sembonyo ini juga merupakan rangkaian dari kegiatan Prigi Beach Carnival.

Ribuan masyarakat tumpah ruah dalam acara Prigi Beach Carnival, dan salah satu acara yang paling ditunggu masyarakat yakni upacara adat labuh laut larung sembonyo. Tradisi tersebut merupakan wujud syukur serta harapan nelayan untuk bisa diberikan rezki berlimpah dari hasil laut.

Tumpeng raksasa setinggi tiga meter di arak dari Pantai Cengkrong menuju Pelabuhan Pendaratan ikan (PPI) Prigi.

Setelah sampai, para nelayan dan tokoh masyarakat melakukan doa bersama, kemudian tumpeng akan di larung ke laut dengan iring-iringan puluhan kapal nelayan sejauh tiga mil dari bibir pantai.

Ketua panitia labuh laut larung sembonyo, Aby Suprapto saat dikonfirmasi media mengatakan tradisi ini merupakan agenda tahunan digelar tepat pada penanggalan jawa yakni bulan selo.

"Kegiatan ini dilakukan selama empat hari berturut-turut dan selama itu para nelayan dilarang melaut untuk mencari ikan," ucapnya.

Adapun tujuan tradisi larung sembonyo adalah sebagai wujud syukur terhadap rezeki yang diberikan dari hasil laut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
07:09
02:26
00:58
02:21
03:21
Viral