Cegah Tawuran Antar Perguruan Silat, Brimob Polri Gelar Pertandingan Tarung Pencak Dor.
Sumber :
  • tim tvone - imron danu

Cegah Tawuran Antar Perguruan Silat, Brimob Polri Gelar Pertandingan Tarung Pencak Dor

Minggu, 4 Juni 2023 - 18:10 WIB

Kediri, tvOnenews.com - Cegah dan mengantisipasi banyaknya tawuran antar perguruan silat di Jawa Timur, Brimob Polri menggelar pertandingan bela diri tradisonal pencak dor di Kediri. 

Selain itu, ajang ini juga untuk menjaring para jawara pencak yang nantinya akan dipromosikan ke ajang beladiri profesional bergensi seperti UFC dan ONE champions

Ribuan santri pondok pesantren lirboyo, memadati gelanggang olahraga Jayabaya Kota Kediri untuk menyaksikan gelaran pertandingan beladiri pencak dor profesional memperebutkan piala Dankor Brimob Polri. 

Pertandingan yang berlangsung selama dua hari jumat dan sabtu ini dibuka langsung dankor brimob polri Komjen pol. Anang Refandoko dan kyai KH Abdullah Kafabihi Mahrus pengasuh ponpes Lirboyo Kediri ditandai dengan penyerahan sabuk jawara. 

“Yaa... pencak dor adalah sebuah pertandingan tarung bebas di atas ring yang terbuat dari bambu kesenian ini lahir di lingkungan pondok pesantren lirboyo kediri jawa timur dan masih eksis hingga kini," ucap Santoso pelatih silat. 
 
Kata pencak berarti gerakan pencak silat yang dipakai petarungnya sementara dor berasal dari alat musik jidor yang digunakan untuk mengiringi jalannya pertandingan. Uniknya selama pertandingan berlangsung/ petarung akan diiring dengan bacaan salawat badar dan seni musik jidor. 

Selain untuk meredam emosi salawat juga berfungsi untuk menegaskan identitas pesantren Lirboyo yang merupakan asal dari bela diri ini. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral