Jelang Idul Adha, Gubernur Khofifah Datangi Peternakan Sapi di Lamongan.
Sumber :
  • tvOne - m mahrus

Jelang Idul Adha, Gubernur Khofifah Datangi Peternakan Sapi di Lamongan

Selasa, 6 Juni 2023 - 15:05 WIB

Lamongan, tvOnenews.com - Untuk memastikan kesiapan dan ketersediaan hewan kurban menjelang hari raya kurban, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke peternakan haji juri yang ada di Lamongan. 

"Saya ingin memastikan, jika 3 bulan lalu kita ada kasus PMK saat ini sudah zero baik kasus kesakitan maupun kematian. Begitu juga dengan kasus LSD juga sudah gencar dilakukan vaksinasi untuk ternak," kata Khofifah Indar Parawansa saat berada di Desa Wonokromo, Kecamatan Tikung, Selasa (6/6). 

Khofifah mengungkapkan, semua hewan kurban di Jatim, baik sapi, kambing, domba maupun kerbau dalam keadaan surplus. Khofifah menyebut, kebutuhan hewan kurban untuk Idul Adha di Jatim tahun ini diprediksi mencapai 50 ribuan ekor sapi.

"Peternak di Jatim telah menyiapkan 1 juta ekor sapi yang bisa kita akses di berbagai titik peternakan di Jatim. Jadi surplusnya cukup besar, begitu juga kambing sekitar 727 ribu, kebutuhannya 270 ribu," ujar khofifah

Semua hewan ternak yang ada di Jatim ini dalam kondisi sehat dan baik. Sebelum dipastikan untuk kurban, Khofifah menyebut, jika tim dokter hewan di berbagai tempat yang ada di Jatim akan melakukan pengecekan secara menyeluruh. Hal yang sama, tambah Khofifah, berlaku juga untuk hewan ternak yang ada di Lamongan.

"Artinya kesiapan hewan kurban di Lamongan dan di Jatim Insya’Allah dalam kondisi yang siap tidak hanya sesuai standar kesehatan tapi juga dari sisi syar'inya. Ini untuk memberikan keyakinan kepada mereka yang akan membeli hewan kurban," terangnya. 

Melihat kondisi surplus hewan kurban di Jatim dan kondisinya yang sudah dipastikan sehat dan baik itu, Khofifah mengajak provinsi-provinsi lain di Indonesia untuk mengakses hewan kurban di Jatim. Jumlah hewan ternak seperti sapi, kambing dan domba di Jatim surplus dan semuanya dalam proses monitoring tim dokter hewan, sehingga bisa dipastikan hewan kurban di Jatim aman. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral