Aksi unjuk rasa PPMG di gedung DPRD.
Sumber :
  • m habib

Demo Ratusan Pekerja Proyek Manyar Tuntut Kesempatan Kerja di DPRD Gresik Nyaris Ricuh

Rabu, 7 Juni 2023 - 10:18 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Ratusan massa Pekerja Proyek Manyar Gresik (PPMG) menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gresik, karena minimnya kesempatan kerja bagi warga lokal di sejumlah perusahaan di Gresik, seperti di proyek Smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Manyar Gresik, PT Chiyoda Internasional Indonesia, Rabu (7/6).

Aksi unjukrasa turun jalan ratusan Pekerja Proyek Manyar Gresik di depan DPRD Gresik kali ini sempat diwarnai aksi kericuhan saat sejumlah massa berusaha merangsek ke dalam gedung dewan dan terlibat aksi saling dorong dengan petugas keamanan, yang melakukan penjagaan di gerbang pintu masuk gedung dewan Kabupaten Gresik.

Selain membentangkan sejumlah spanduk tuntutan, massa PPMG dalam orasinya menyatakan, massa menuntut kesempatan kerja bagi warga Kecamatan Manyar dan warga di Kabupaten Gresik, minimal sebanyak 60 persen di sejumlah perusahaan yang beroperasi di Wilayah Manyar Gresik.

Tidak hanya itu, massa PPMG juga menuntut adanya kerjasama pihak perusahaan dengan masyarakat lokal melalui pemerintahan desa (PEMDes) tempat mereka beroperasi, dan adanya partisipasi pembangunan terhadap masyarakat lokal.

Abdul Hamid, koordinator aksi unjuk rasa massa PPMG menyatakan dalam keterangan resminya, jika aksi unjuk rasa menuntut adanya kesempatan kerja bagi warga lokal Gresik itu, digelar sejak pukul 6.00 WIB dengan sasaran unjuk rasa Proyek Smelter PT Freeport Indonesia, di kawasan JIIPE Manyar Gresik, PT CHiyoda Internasional Indonesia dan Kantor DPRD Gresik.

"Masih banyak warga lokal Gresik yang belum mendapatkan pekerjaan. Minim sekali kesempatan kerja bagi warga lokal. Makanya kami menuntut minimal 60 persen mendapatkan kesempatan kerja di pabrik-pabrik yang berdiri di wilayah mereka," tegas Abdul Hamid.

Massa PPMG mengancam akan menggelar aksi turun jalan dan unjuk rasa kembali, terhitung sejak hari Rabu hingga Jum'at nanti, jika tuntutan mereka tidak segera dipenuhi, karena 60 persen kesempatan kerja bagi warga lokal adalah harga mati.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral