Pasar hewan Desa Bajulan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.
Sumber :
  • tvOne - miftakhul erfan

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Kabupaten Madiun Perketat Jual Beli Hewan Kurban dari Luar Daerah

Sabtu, 10 Juni 2023 - 12:53 WIB

Madiun, tvOnenews.com - Sejumlah petugas gabungan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Madiun bersama petugas vaksinator, Sabtu (10/6) mulai gencar melakukan sidak pasar hewan yang ada di Madiun.

Seperti yang dilakukan di pasar hewan Desa Bajulan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun ini, petugas gabungan menyisir seluruh lapak penjualan hewan kurban.

Satu persatu ternak yang akan dijual untuk kebutuhan hewan kurban dilihat dan dilakukan pengecekan kondisi kesehatan dan fisik baik kambing maupun sapi untuk memastikan hewan tersebut bebas penyakit dan layak untuk kurban.

Kepala Bidang Peternakan DKPP Kabupaten Madiun, Bagus Sri Yulianta mengatakan pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi gigi, telinga dan kaki pada hewan yang siap kurban. Selain itu pemeriksaan juga difokuskan pada lalu lintas peredaran hewan kurban dari luar daerah.

“Kita periksa fisiknya, baik gigi, telinga dan kaki-kakinya cacat atau tidak, sudah umur atau belum,” kata Bagus.

Selain kambing, petugas gabungan juga dengan teliti mengecek satu persatu berkode pada sapi untuk melihat asal ternak dan sudah divaksin PMK apa belum. Jika sapi yang masuk Madiun belum di vaksin PMK minimal dosis 1, maka sapi tersebut dilarang dijual di Madiun dan dikembalikan ke daerah asal.

“Yang kita antisipasi dari ternak luar daerah adalah perpindahan penyakit, jadi semisal hewan dari Nganjuk ke sini (Madiun) harus wajib ada vaksinya. Tapi Alhamdulilah hari ini tidak ada temuan baik PMK maupun LSD,” imbuhnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
08:03
01:19
03:36
08:48
03:56
Viral