Pasar hewan di Desa Kedungbondo, Kecamatan Balen, Bojonegoro.
Sumber :
  • tvone - dewi rina

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Kurban di Bojonegoro Merangkak Naik

Minggu, 11 Juni 2023 - 18:18 WIB

Bojonegoro, tvOnenews.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga sapi di Kabupaten Bojonegoro, mulai merangkak naik kisaran 1 hingga 2 Juta. Dampaknya, harga sapi saat ini merangkak tembus Rp20 juta per ekor.

Pantuan tvOnenews.com di pasar hewan di Desa Kedungbondo, Kecamatan Balen, beberapa pedagang dan pembeli baik dari Bojonegoro maupun dari luar daerah, geliat transkasi jual beli saat ini terus meningkat dibanding sebelumnya. Lonjakan harga tertinggi berlaku pada sapi jantan kualitas kurban.

Kenaikan harga sapi kurban ini disebabkan oleh biaya transportasi dan perawatan yang tinggi. Selain itu, keterbatasan stok sapi dan tingginya permintaan dari konsumen juga mempengaruhi kenaikan harga sapi kurban.

Meski begitu, sapi asal Bojonegoro banyak diminati pedagang hewan kurban luar kota, karena memiliki kualitas cukup baik. Biasanya perburuan dilakukan jauh hari sebelum Idul Adha, untuk mendapat harga lebih murah. Sehingga sapi dapat dijual kembali untuk mendapat keuntungan.

Salah satu pedagang sapi asal Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Nursam mengungkapkan, harga pasaran sapi menjelang hari raya kurban ini berkisar Rp18 hingga Rp20 Juta. Namun, pembelian juga masih ramai, tak hanya dari Bojonegoro, bahkan pembeli juga terdapat dari Magelang, Wonosobo dan Pekalongan.

“Meski naik, permintaan juga lumayan banyak. Tadi saya bawa 9 ekor, 6 ekor diantaranya sudah terjual, dan ini masih tersisa 3 ekor,” ungkap Nursam.

Sementara itu, Misbah salah satu pengunjung pasar sapi menjelaskan, dirinya merasakan kenaikan harga sapi pada saat menjelang kurban ini. Kenaikan harga bervariasi, antara 1 juta hingga 2 Juta, tergantung ukuran dan jenis.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral