Gempa 4,0 Magnitudo, Puluhan Siswa Ujian Berhamburan Keluar kelas.
Sumber :
  • tim tvone - dewi

Gempa 4,0 Magnitudo Guncang Bojonegoro, Puluhan Siswa Ujian Panik Berhamburan Keluar Kelas

Senin, 12 Juni 2023 - 10:13 WIB

Bojonegoro, tvOneNews.com - Gempa tektonik 4,0 Magnitudo dengan kedalaman 10 kilometer mengguncang Kabupaten Bojonegoro, Senin (12/6) pukul 08.04 Wib. Gempa terasa di sejumlah titik di kabupaten Bojonegoro. Seperti yang dialami Nadia, warga Ledok Kulon, Kecamtan Kota, yang sedang mengajar di SD Mojo Kecamatan Kalitidu. Saat dikonfirmasi tvOnenews.com melalui ponselnya mengatakan merasakan gempa saat anak-anak serius mengerjakan ujian akhir.

“Tadi merasakan ada gempa ketika anak-anak sedang mengerjakan ujian akhir sekolah sekitar pukul delapan lebih empat menit, kira-kira sekitar sepuluh detik mbak,” ungkap Nadia.

“Anak–anak sudah merasa gempa sontak gerakan reflek langsung lari, dan saya juga ajak ayuk lari-lari keluar semua. Akhirnya ujian dilanjutkan dikerjakan di halaman sekolah, karena takut ada gempa susulan,” ujar Nadia.

Goncangan gempa saat ini terasa keras sekali, membuat para siswa SD Mojo takut dan khawatir ada susulan, sehingga ujian dilanjutkan di teras kelas atau halaman sekolah. Sejauh ini gedung sekolah tidak ada yang rusak dan tidak ada korban yang terluka.

Berdasarkan catatan BMKG melalui rilisnya, gempa tektonik terjadi sekitar pukul 08.04 WIB di wilayah Bojonegoro, Tuban dan sekitarnya. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter dengan magnitudo 4,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,11° LS ; 111,85° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km Barat Laut Bojonegoro pada kedalaman 7 km. Jenis gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.
 
Hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Dihimbau pada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. (dra/hen)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:15
07:22
04:05
01:39
12:43
02:08
Viral