keunggulan Sapi Bali asal Banyuwangi.
Sumber :
  • tim tvone - happy oktavia

Favorit untuk Berkurban, Ini Keunggulan Sapi Bali asal Banyuwangi

Selasa, 13 Juni 2023 - 14:54 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Menjelang Idul Kurban, permintaan ternak sapi Bali asal Banyuwangi meroket tajam. Bukan tanpa alasan. Selain harganya terjangkau, sapi Bali memiliki beragam keunggulan. Salah satunya, dagingnya renyah, gurih dan tak mudah membusuk. 

Keunggulan lainnya, sapi yang dikenal dengan Rambon Jawa ini memiliki karkas yang bagus. Artinya, tulangnya kecil, dagingnya melimpah. Rata-rata, bisa menghasilkan daging lebih dari 3 kuintal per ekor. 

"Keunggulannya lagi, sapi Bali ini memiliki hati yang bagus, tidak mudah diserang cacing hati. Jadi, kesehatannya sangat bagus," kata Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dispertanian Banyuwangj, drh. Nanang Sugiharto, Selasa (13/6). 

Berbagai keunggulan ini yang membuat sapi Bali asal Banyuwangi diburu selama Idul Kurban, apalagi, pasokannya melimpah. Harganya juga relatif terjangkau dengan kandungan daging yang banyak.

"Kalau menurut kami, daging sapi Bali ini kualitasnya terbaik di dunia. Sangat gurih dan renyah," kata Agus Supriyadi (42), pengepul sapi Bali asal Klatak,Banyuwangi. 

Harga sapi Rambon Jawa ini dipatok Rp20 juta hingga Rp40 juta per ekor. Berat hidupnya sekitar 3,4 kuintal hingga 6,5 kuintal per ekor. Jika dipotong, dagingnya tidak banyak susut, sebab tulangnya kecil. 

"Pakan sapi Bali itu murni rumput dan minumnya air putih. Tidak ada sentrat kimia," jelas pemilik PT Diki Amelia ini. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral