Ratusan Takmir Masjid di Malang Raya Ikuti Pelatihan Potong Hewan Kurban secara Syar'i.
Sumber :
  • tvOne - edy cahyono

Ratusan Takmir Masjid di Malang Raya Ikuti Pelatihan Potong Hewan Kurban secara Syar'i

Selasa, 13 Juni 2023 - 17:31 WIB

Malang, tvOnenews.com - Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah, ratusan takmir masjid di Malang Raya mengikuti pelatihan penyembelihan hewan kurban.

Kegiatan pelatihan penyembelihan hewan kurban ini digelar oleh para peternak kambing di Desa Tirtomoyo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang di area kandang kambing Kaji Brewok.  

"Dari kegiatan ini diharapkan para takmir masjid paham dan mengetahui bagaimana proses penyembelihan yang benar dan sesuai Syar'i," kata Luay Al Amri, selaku penanggung jawab kegiatan sekaligus penanggung jawab kandang kambing kaji Brewok, Selasa (13/6).

Sedikitnya 700 takmir masjid, pondok pesantren, panti asuhan dan majelis taklim di wilayah Malang Raya ikut serta pada kegiatan yang dilakukan setiap tahun.

"Pelatihan yang diinisiasi para peternak kambing ini awalnya mereka prihatin karena sering menemukan penyembelihan hewan kurban tidak sesuai fikih Islam," terang Luay Al Amri.

Pelatihan ini diantaranya saat proses penyembelihan hewan kurban tidak disertai do'a yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, hewan yang akan disembelih tidak menghadap kiblat, penyembelih tidak menutup aurat, bahkan memperlakukan hewan kurban dengan kasar.

"Berdasarkan temuan tersebut, membuat para peternak kambing di kandang kaji Brewok memberikan pelatihan penyembelihan, hingga proses pembersihan hewan kurban sebelum dibagikan kepada warga sekitar,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:46
08:21
03:43
06:21
13:18
Viral