Mesin anjungan digital di Cerme Gresik.
Sumber :
  • m habib

Pakai Sistem Digital, Warga di Gresik Kini Urus Administrasi Tinggal Tempel KTP Langsung Jadi

Jumat, 16 Juni 2023 - 12:58 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Mengurus surat administrasi kependudukan yang biasanya harus antre dan membutuhkan waktu yang lama, sudah tidak berlaku lagi di Gresik. Seperti halnya yang ada di Desa Morowudi, Kecamatan Cerme, warga kini tidak perlu menunggu lama lagi untuk mengurus surat administrasi kependudukan. Mereka tinggal menempelkan KTP di mesin anjungan digital desa, dan surat yang dibutuhkan langsung jadi, Jum'at (16/6).

Mesin anjungan digital desa layaknya mesin ATM itu, sengaja diciptakan oleh Pemerintah Desa Morowudi, Cerme guna memudahkan pelayanan masyarakat. Melalui sistem digital, serupa dengan ATM, kini mengurus surat administrasi di desa tersebut tidak sampai satu menit.

Dengan adanya mesin anjungan digital desa tersebut, warga desa setempat kini dapat dengan mudah mengurus berbagai keperluan surat-surat terkait administrasi desa, hanya dengan menempelkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka saja.

Dikatakan Kepala Desa Morowudi, M Sholeh, jika adanya inovasi ini bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat dalam mengurus surat-surat secara mandiri.

Tidak hanya itu, kata Sholeh, sistem anjungan mandiri administrasi juga menghilangkan kebutuhan untuk menunggu tanda tangan dari petugas desa. Hal itu karena memakai barcode.

"Masyarakat yang datang ke balai desa hanya perlu membawa KTP elektronik untuk ditempel di mesin anjungan, kemudian tinggal pilih menu kebutuhan surat yang diinginkan. Kurang dari satu menit, surat sudah tercetak dan sudah bertandatangan elektronik," jelas M Sholeh.

Selain memberikan kemudahan kepada warganya, mesin anjungan cetak surat ini juga membantu perangkat desa dalam memberikan pelayanan yang lebih cepat. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral