Warga Gresik dapat bantuan dari program RTLH.
Sumber :
  • m habib

Rumahnya Ambruk Rata dengan Tanah, Warga di Gresik Akhirnya Dapat Bantuan setelah Satu Tahun Menunggu

Sabtu, 17 Juni 2023 - 13:58 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Setelah sempat menunggu sejak satu tahun lalu, Abdul Karim, warga Dusun Telogogede, Desa Ngasin, Kecamatan Balongpanggang, Kabupaten Gresik, yang rumahnya ambruk rata dengan tanah karena lapuk dimakan usia, akhirnya dapat bernafas lega. Bangunan rumahnya yang tinggal menyisakan pondosi saja itu, akan dibangun ulang melalui program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH), Sabtu (17/6).

Mengetahui rumahnya akan kembali dibangun, Abdul Karim tidak henti-hentinya mengucap syukur ketika rombongan Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah bersama Dinas Cipta Karya, Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP), Baznas, dan pihak Kecamatan Balongpanggang berkunjung ke rumahnya di Dusun Telogogede, Desa Ngasin.

Rumah Abdul karim yang roboh sekitar satu tahun silam itu, masuk dalam program bantuan bedah rumah tidak layak huni (RTLH). Dalam program ini, Dinas CKPKP memberikan bantuan stimulan material bangunan. Tidak hanya itu, Baznas juga turun memberikan bantuan berupa uang tunai kepada Abdul Karim.

"Alhamdulillah, saya sangat bahagia mendapat bantuan ini. Rumah saya yang roboh sejak tahun lalu, dan sampai sekarang belum mampu memperbaiki. Tapi sebentar lagi bisa dibangun lagi berkat bantuan dari Pemkab Gresik dan Baznas," ucap Abdul Karim.

Kondisi keuangan yang kurang baik dan keterbatasan ekonomi menjadikan Abdul Karim tidak mampu memperbaiki rumahnya sendiri secara mandiri, yang saat ini sudah rata dengan tanah. Bahkan untuk kehidupan sehari-hari, dirinya terpaksa tinggal bersama pamannya. Dengan adanya bantuan ini, Abdul Karim merasa lega dan bahagia karena bebannya teringankan.

Sementara itu, Aminatun Habibah, Wabup Gresik berharap adanya program RTLH mampu meringankan beban masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan akan rumah yang layak huni. Bu Min menegaskan, papan (rumah) merupakan kebutuhan primer bagi masyarakat. Oleh karenanya, dalam pemenuhannya, wajib diusahakan.

"Awalnya kita menerima laporan dari Pak Camat, bahwa ada rumah warga yang roboh. Dari laporan ini, kita tindak lanjuti bersama Dinas CKPKP dan Baznas. Walaupun tidak banyak, tapi alhamdulillah nanti pihak desa bisa membantu lebih lanjut," terang Bu Min.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:40
02:10
01:38
07:50
02:40
06:25
Viral