Peternak menimbang ternak sapi dalam kontes ternak di lapangan Kedayunan, Kabat, Banyuwangi, Senin (19/6) siang..
Sumber :
  • tvOne - happy oktavia

Jelang Idul Adha, Peternak di Banyuwangi Diajak Kontes Ternak

Senin, 19 Juni 2023 - 13:00 WIB

Banyuwangi, tvOnenews.com - Menjelang Idul Adha, peternak di Banyuwangi diajak kreatif mendongkrak harga ternak. Salah satunya dengan menggelar kontes ternak di lapangan Kedayunan, Kabat, Banyuwangi, Senin (19/6) siang. Para peternak diajak menampilkan keunggulan ternak masing-masing, sehingga harganya meroket.

Selain mendongkrak harga, kontes ternak ini untuk menampilkan keunggulan ternak lokal Banyuwangi. Mulai ternak sapi dan domba. Targetnya, mengejar rekor bobot ternak sapi ekstrim hingga 1 ton lebih.

“Kontes ini bagian dari mendongkrak harga ternak jelang Idul Adha. Ternak dengan kualitas terbaik kita konteskan,” kata Kepala Bidang Budidaya Usaha Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Banyuwangi, Abdurazak.

Pihaknya mentargetkan bobot ternak sapi ekstrim di Banyuwangi bisa tembus di atas Rp1,2 ton. Target ini diharapkan yang tertinggi di Jawa Timur. Target ini bukan tanpa sebab. Tahun 2019, peternak Banyuwangi mampu menghasilkan ternak sapi ekstrim seberat 1,16 ton. Selain sapi, bobot ekstrim juga ditargetkan pada domba. Beratnya ditargetkan tembus 1,16 kwintal.

“Dengan bobot ekstrim ini, harga akan terdongkrak,” jelasnya.

Kontes ternak ini diikuti sedikitnya 150 ternak sapi, domba dan kambing. Mereka didatangkan dari 25 kecamatan di Banyuwangi. Ada 16 kategori yang dilombakan. Yang paling diburu adalah bobot ekstrim. Ternak sapi ekstrim ini biasanya hasil silangan lokal dengan limusin atau simental. Seluruh ternak yang dikonteskan wajib mengantongi identitas ternak lokal.

“Ini juga bagian mendongkrak usaha peternakan pasca-pandemi,” tutupnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral