Dinas Peternakan Kabupaten Trenggalek, melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di pasar.
Sumber :
  • tvOne - aris sutikno

Dinas Peternakan Trenggalek Periksa Hewan kurban di Pasar, Pastikan Hewan Sehat dan Penuhi Kriteria

Senin, 19 Juni 2023 - 15:23 WIB

Trenggalek, tvOnenews.com - Dinas Peternakan Kabupaten Trenggalek, melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di pasar dan show room dadakan yang menjual hewan kurban yang tersebar di kabupaten Trenggalek.

Kegiatan ini gencar digelar pihak Dinas Peternakan, bertujuan untuk memastikan kondisi hewan yang akan dijual belikan keadaan sehat, serta melindungi pembeli.

Pemeriksaan hewan yang difokuskan pada hewan kurban jenis sapi dan kambing ini, sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap peternak dan masyarakat yang akan melaksanakan kurban.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Trenggalek, Joko Susanto saat dikonfirmasi media menjelaskan, proses pemeriksaan ini dilakukan secara menyeluruh seperti yang dilakukan saat ini di Pasar Hewan Trenggalek, mulai saat ternak datang dan masuk area pasar hewan hingga saat posisi diperdagangkan.

"Untuk sementara hasil pengecekan semua hewan yang diperjual belikan di pasar hewan dalam keadaan sehat. Kewaspadaan PMK tidak hanya untuk sapi, tapi juga hewan ternak lain seperti kambing dan domba,"ucapnya.

Selain untuk memastikan kondisi hewan yang dijual dalam kondisi sehat, hewan sapi dan kambing asal Trenggalek menjadi salah satu pemasok hewan kurban untuk hari raya Idul Adha.

"Satu per satu hewan yang ada di pasar itu diperiksa, mulai dari bagian mulut hingga kaki hewan," imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral