Presiden RI Joko Widodo, Selasa (20/6) sore meninjau langsung proyek pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan JIIPE.
Sumber :
  • tvOne - m habib

Kunjungi Proyek Pembangunan Smelter Freeport Presiden Jokowi Targetkan Smelter Tuntas Mei 2024

Rabu, 21 Juni 2023 - 10:08 WIB

Gresik, tvOnenews.com - Presiden RI Joko Widodo, Selasa (20/6) sore meninjau langsung proyek pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan JIIPE, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Proyek Smelter Freeport ditargetkan rampung pada Mei 2024 mendatang.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi optimis proyek Smelter Freeport Indonesia di JIIPE Gresik yang memiliki kemampuan produksi konsentrat sebesar 1, 7 juta ton per tahun itu akan rampung pada bulan Mei 2024 tahun depan. Dan akan diintegrasikan dengan produksi tambang yang lain yakni Nikel, Bauksit dan Timah, sehingga menjadi pondasi Indonesia menjadi negara maju.

Dalam kunjungannya, Presiden Jokowi didampingi sejumlah menteri terkait diantaranya Menko Marvest Luhut Binsar Panjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri BKPM Bahil Lahadalia, dan Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Usai meninjau langsung progres pembangunan Smelter Freeport, Jokowi mengatakan jika proyek pembangunan Smelter PT Freeport Indonesia telah mencapai 72 persen dan diharapkan akan tuntas dan beroperasi pada bulan Mei 2024 mendatang.

Smelter Freeport di Gresik memiliki kemampuan produksi konsentrat sebesar 1, 7 juta ton pertahun. Smelter Freeport juag mampu menghasilkan katoda tembaga sebesar 600 ribu ton pertahun.

Dikatakan Presiden Jokowi produksi Smelter Freeport Indonesi di Gresik nantinya akan diintegrasikan dengan produksi tambang yang lain yakni Nikel di Sulawesi, Bauksit di Bintan dan Kalimantan Barat, timah di Bangka Belitung, menjadi EV baterai litium untuk komponen kendaraan listrik.

Menurut Jokowi hal itu akan menambah daya saing Indonesia terhadap komoditas tembaga, sehingga mampu bersaing dengan negara lain dan menjadi modal Indonesia menjadi negara yang maju.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
03:49
01:14
08:35
01:28
01:58
Viral