Tips memilih hewan kurban.
Sumber :
  • sandi irwanto

Tips Memilih Hewan Kurban yang Baik Menurut Pakar

Sabtu, 24 Juni 2023 - 12:55 WIB

Surabaya, tvOnenews.com – Perayaan Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Pada momen ini, umat muslim disarankan untuk berkurban bagi yang mampu. Hewan kurban yang dipilih tentu merupakan hewan yang baik. Lalu, apa tips yang bisa dilakukan untuk memilih hewan kurban yang baik? Simak ulasannya di bawah ini.

Menurut Prof Dr Ir Sri Hidanah MS Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga (Unair), ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih hewan kurban. Hewan yang digunakan sebagai kurban harus sehat dan tidak ada cacat fisik. Pastikan juga untuk mengamati kuku pada hewan kurban.

“Kukunya sebaiknya utuh. Hewan yang cacat bisa dilihat dari gerakan saat berjalan. Tidak boleh pincang dan harus benar-benar sehat,” ungkapnya. 

Ciri Hewan Kurban Sakit

Prof Hidanah mengatakan bahwa ciri hewan kurban yang sakit biasanya nafsu makan menurun, tampak malas saat berjalan, dan adanya kelemahan pada bagian tubuh. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan hewan kurban tidak buta, tidak kurus, berjenis kelamin jantan, dan kotorannya tidak lembek.

“Pastikan dia jantan dan tidak dikebiri. Kalau sehat bisa dilihat dari kotoran yang teksturnya padat. Selain itu, nafsu makan baik, gerakan lincah, dan bulu bersih,” terangnya.

Pastikan juga umur hewan sudah cukup umur. Umur yang pas bagi kambing untuk dijadikan hewan kurban adalah lebih dari satu tahun. Sedangkan sapi usianya lebih dari dua tahun. Untuk mengetahui umur hewan kurban ini, dapat dilihat dari struktur gigi yang dimiliki.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:26
01:05
02:10
02:17
01:21
01:11
Viral