Cara Menyembelih Hewan Kurban yang Benar Sesuai Syar’i.
Sumber :
  • tvOne - sandi irwanto

Jelang Idul Adha, Juleha Ajarkan Cara Menyembelih Hewan Kurban yang Benar Sesuai Syar’i

Minggu, 25 Juni 2023 - 11:27 WIB

Surabaya, tvOnenews.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha, puluhan warga dari berbagai daerah di Jawa Timur mengikuti pelatihan teknik menyembelih hewan kurban yang baik dan benar sesuai dengan syar’i. Dengan pelatihan menyembelih hewan kurban ini, diharapkan warga bisa melakukan sendiri penyembelihan hewan kurban di masjid maupun mushola, saat Idul Adha nanti.

Sebanyak 50 warga dari berbagai daerah di Jawa Timur mengikuti pelatihan atau bimbingan teknik menyembelih hewan kurban di masjid jami’ Nurul Islam jalan Panjang Jiwo Besar Surabaya.  Dalam pelatihan penyembelihan hewan kurban ini langsung menghadirkan praktisi tukang jagal sapi dari rumah potong hewan, Pegirian Surabaya, yang tergabung dalam Juru Sembelih Halal atau Juleha, Jawa Timur.

Dalam pelatihan menyembelih hewan kurban ini para peserta cukup antusias menyimak materi yang disampaikan para mentor. Tidak hanya mengajarkan teknik menyembeli yang baik dan benar sesuai dengan syar’i atau ajaran Islam, namun para mentor juga mengajarkan teknik merobohkan dan mengikat kaki hewan kurban.

“Teknik merobohkan hewan kurban ini dinilai paling sulit saat hendak menyembelih hewan kurban seperti sapi dengan ukuran besar. Karena itu para peserta juga diminta bisa menguasainya,” ungkap Ustadz Lukman Arif Khalim, Ketua Bimtek Juleha Surabaya, Jatim.

Menurut Ustadz Lukman Arif Khalim, materi bimtek penyembelihan hewan kurban kali ini disampaikan cukup lengkap dengan mentor yang berbeda-beda, seperti teknik mengikat kaki, teknik merobohkan hewan kurban dan teknik menyembelih hewan kurban.
 
“Pelatihan penyembelihan hewan kurban ini cukup penting bagi masyarakat yang ingin menyembelih hewan kurbannya secara mandiri, tidak menggunakan jasa tukang jagal. Jadi mereka bisa melakukan sendiri jika sudah memahami semua materi pelatihan ini,” ujar Lukman Arif Khalim.

Sementara itu, salah seorang peserta mengakut pelatihan penyembelihan hewan kurban ini cukup membantu dan bermanfaat baginya saat hendak melakukan penyembelihan. Selain menambah ilmu menyembelih secara syar’i, pelatihan ini dirasa bisa menguatkan mental bagi para pemula dalam menyembelih hewan kurban.

“Alhamdulillah, pelatihan ini menambah ilmu terutama cara menyembelih hewan kurban sesuai yang benar sesuai dengan syariat. Ini cukup penting dan membantu kami sebagai masyarakat awam yang sebelumnya tidak pernah menyembelih hewan kurban,” ujar Hanafi Muslim, salah seorang peserta.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral